Viral Kabar Warga Kalah Pilkades Ciamis Pindahkan Makam-Tutup Jalan

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 17:43 WIB
Jalan Ditutup dan Makam Dipindahkan di Ciamis
Warga harus mengolongi pagar bambu yang menutup jalan. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Beredar video sebuah makam dipindahkan dan akses jalan menuju pemakaman ditutup pakai bambu. Kejadian video yang ramai di medsos dan aplikasi perpesanan itu diduga buntut kekalahan seorang calon di Pilkades Ciamis serentak pada 19 Desember 2020.

Setelah ditelusuri, peristiwa dalam video itu lokasinya di Dusun Landeuh, Desa Sindangherang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (23/12/2020).

detikcom mendatangi lokasi kejadian, Kamis (24/12/2020). Ternyata jalan gang menuju tempat pemakaman umum ditutup menggunakan bambu oleh pemilik tanah, yang merupakan salah satu calon kades yang kalah.

Kepala Dusun Landeuh Asep Suryana membenarkan adanya kejadian tersebut. Ada makam yang dipindahkan dari makam keluarga ke pemakaman umum. Makam tersebut adalah orang tua dari salah satu tim sukses calon lain bernama Ucu di Pilkades serentak.

"Jadi saya didatangi pemilik tanah salah satu calon kades. Menyampaikan mohon bantuan untuk menemui keluarga tim sukses salah satu calon juga, untuk memindahkan makam orang tuanya dari makam asal ke pemakaman umum," ujar Asep saat ditemui di lokasi makam.

Keluarga langsung menindak lanjutinya. Pemindahan makam telah dilakukan Rabu kemarin sebagaimana yang terlihat pada video yang beredar di masyarakat.

Selanjutnya
Halaman
1 2