Petugas Singkirkan Tanah Longsor di Akses Alternatif Geopark Ciletuh

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 11:22 WIB
Longsor di Geopark Ciletuh Sukabumi
Akses alternatif Geopark Ciletuh Sukabumi sudah bisa dilewati kendaraan. Sebelumnya, jalur ini tertutup longsor. ( Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Kabupaten Sukabumi -

Kurang dari 24 jam material longsor yang menimbun ruas jalan Simpenan-Kiaradua yang merupakan jalur alternatif menuju kawasan Geopark Ciletuh, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, berhasil disingkirkan petugas.

Saat ini kendaraan roda dua dan empat sudah bisa melintasi jalur tersebut. Danramil 2202 Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi Kapten Inf. Budi Hadi Priyadi mengatakan meskipun sudah bisa dilintasi sistem buka tutup tetap diberlakukan di akses jalan tersebut.

"Penanganan dari kemarin hingga tengah malam dan pagi tadi sudah 50 persen material longsor yang menutup akses jalan sudah dibersihkan. Semua jenis kendaraan bisa melintas dengan sistem buka tutup," kata Budi, Kamis (24/12/2020).

Budi menjelaskan jalan bisa kembali dibuka sejak pagi tadi mulai pukul 04.00 WIB menjelang subuh. Sebelumnya akses jalan tersebut tidak bisa dilintasi akibat tertutup longsor yang terjadi pada Rabu (23/12), sekitar pukul 16.00 WIB.

"Kami bersinergi dengan rekan dari Polri, BPBD dan unsur masyarakat sekitar. Material longsor yang memiliki tinggi timbunan lima meter dengan panjang 25 meter perlahan mulai bisa kita bersihkan," ujar Budi.

(sya/bbn)