Puncak Arus Mudik Natal di Cipali Diprediksi Terjadi Malam Ini

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 15:56 WIB
Pintu Tol Palimanan
Foto: Kapolresta Cirebon Kombes M Syahduddi (Sudirman Wamad/detikcom).
Cirebon -

Polresta Cirebon memprediksi puncak arus libur Natal di pintu Tol Palimanan terjadi malam ini. Saat ini volume kendaraan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mulai meningkat.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi mengatakan hingga siang ini volume kendaraan di pintu Tol Palimanan yang mengarah Jateng mencapai 56 ribu unit. Sedangkan, kendaraan yang mengarah Jakarta mencapai 48 ribu unit.

"Puncak arus mudik Natal diprediksi terjadi malam ini sampai besok. Hari ini sudah terjadi lonjakan tapi masih lancar dan terkendali," kata Syahduddi kepada awak media di pintu Tol Palimanan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (23/12/2020).

Syahduddi mengaku telah menyiapkan rekayasa lalu lintas ketika terjadi lonjakan volume kendaraan. Pihaknya menerapkan pembatasan angkutan barang sumbu tiga atau lebih sesuai peraturan Kementerian Perhubungan, kecuali angkutan logistik.

"Pembatasan sudah kita mulai tadi malam sampai besok, pukul 08.00 WIB," katanya.

Lebih lanjut, Syahduddi mengatakan kendaraan angkutan yang dari Jakarta, Bekasi dan Cikarang dialihkan menuju arteri atau pantura, tidak melintas di Tol Cipali. Kemudian, lanjut Syahduddi, kendaraan angkutan diizinkan kembali melintas tol melalui pintu Tol Palimanan tiga.

"Kondisi masih normal dan lancar. Bila terjadi peningkatan volume kendaraan dari arah Jawa menuju Jakarta, kendaraan angkutan barang dengan kriteria tertentu itu bakal dikeluarkan dari pintu tol Palimanan empat ke jalur arteri," kata Syahduddi.

Syahduddi menerangkan rekayasa dan pembatasan angkutan barang tertentu itu tetap diberlakukan hingga arus mudik dan balik tahun baru.

(mso/mso)