Jelang Nataru, Pemkab Bandung Sarankan Warga Tak Liburan

Muhammad Iqbal - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 19:19 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Bandung -

Perayaan hari Natal dan tahun baru tinggal menghitung hari. Meski begitu, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung meminta agar warganya untuk tidak pergi berlibur dan memilih berdiam di rumah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Grace Mediana mengatakan, lebih baik warga meningkatkan quality time bersama keluarga di dalam rumah.

"Kalau untuk tahun baru ini enggak harus keluar rumah dan meningkatkan quality time dengan anak, istri, suami," ujar Grace di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (18/12/2020).

Grace mengatakan, saat ini tingkat penularan di Kabupaten Bandung masih tinggi. Terakhir, pada 16 Desember 2020, angka kasus positif bertambah sebanyak 95 orang.

Kemudian, angka itu didominasi oleh mereka yang mengalami kontak erat atau keluarga. Maka dari itu, saran Grace, meskipun di dalam rumah warga tetap harus menjaga protokol kesehatan.

"Tapi di rumah pun kita sama sama memperhatikan protokol kesehatan. Ada baiknya harus memakai masker meskipun di dalam rumah," saran Grace.

Selain itu, Dinkes pun bekerjasama dengan Polresta Bandung dengan membangun tujuh posko kesehatan. Tujuh posko itu berada di lokasi yang sering dilalui pemudik maupun wisatawan.

"Untuk kesiapan Natal dan tahun baru, kami Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Polri akan mempersiapkan posko kesehatan untuk jalur mudik dan wisata," ujar Grace.

"Untuk pos mudik kami mempersiapkan di Nagreg, Soreang, Cileunyi. Kemudian posko wisata kita ada di Ibun, Pangalengan, Ciwidey dan Tahura," papar Grace.

(mud/mud)