Pemkab Ciamis Fungsikan Asrama Haji Jadi Ruang Isolasi COVID-19

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 14:07 WIB
Pemkab Ciamis fungsikan asrama haji untuk ruang isolasi Corona
Pemkab Ciamis fungsikan asrama haji untuk ruang isolasi Corona (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis -

Kasus COVID-19 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terus bertambah, bahkan kini ruang isolasi di RSUD Ciamis penuh. Untuk mengatasi hal itu, Pemkab Ciamis fungsikan Asrama Haji di Komplek Islamic Center Ciamis sebagai ruang isolasi terpusat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Ciamis Tatang melakukan peninjauan terkait kesiapan sarana dan prasarana ruang isolasi tersebut, berikut penerapan protokol kesehatannya.

Kapasitas di asrama haji ini sebanyak 30 bed untuk memfasilitasi pasien positif yang bergejala ringan dan yang tidak bergejala.

"Ini merupakan upaya Pemda Ciamis untuk memfasilitasi pasien positif ketika tidak terfasilitasi oleh RSUD Ciamis maupun swasta karena kapasitas penuh. Maka kami siapkan isolasi terpusat di asrama haji Islamic Center Ciamis," ujar Tatang, Kamis (17/12/2020).

Pemkab Ciamis terus mempersiapkan beberapa ruangan isolasi itu agar memenuhi target protokol kesehatan. Dalam waktu dekat ini pusat isolasi COVID-19 di asrama haji Islamic Center bisa segera digunakan.

"Bisa dipakai untuk yang bergejala atau yang tidak bergejala, teknisnya diatur tergantung kondisi. Kapasitasnya 30 bed. Termasuk untuk akomodasi selama menjalani isolasi insya Allah ditanggung Pemkab," ungkapnya.

Pemkab Ciamis pun telah mempersiapkan para tenaga kesehatan baik PNS maupun non PNS dari beberapa tempat kesehatan. Nantinya akan dijadwal secara bergiliran sesuai kebutuhan.

"Jadi yang piket jaga, yang merawat itu sudah diatur. Tentunya di ruang isolasi ini pasien akan mendapat pengawasan dan kontrol yang ketat supaya bisa segera membaik dan ketika di cek sudah negatif," tegasnya.

Tatang pun mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan setiap beraktivitas. Agar tidak terjadi penularan dan menekan jumlah pasien positif Corona di Ciamis.

Saat ini jumlah pasien positif Corona di Ciamis mencapai 773 orang. Dan yang positif aktif sebanyak 453 orang. Yang dirawat 22 orang dan isolasi mandiri sebanyak 431 orang.

(mud/mud)