Vaksin COVID-19 Gratis, Walkot Bandung: Baru Statement Pak Presiden

Siti Fatimah - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 11:27 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial.
Foto: Wali Kota Bandung Oded M Danial (Siti Fatimah/detikcom).
Bandung -

Wali Kota Bandung Oded M Danial merespons positif keputusan Presiden Joko Widodo yang menggratiskan vaksin COVID-19 bagi masyarakat. Dia berharap, vaksin tersebut dapat segera disebarkan secepatnya.

"Tentunya kami ingin secepatnya, karena ingin cepat selesai juga urusan-urusan COVID-19 ini," ucap Oded di Pendopo Wali Kota, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Kamis (17/12/2020).

Lebih lanjut, meskipun telah mendapatkan informasi perihal vaksin namun Oded mengaku hingga kini belum mendapat mekanisme penyaluran vaksin Sinovac COVID-19.

"Mekanismenya atau kebijakan turunannya kami belum dapat, itu kan baru statement dari Pak Presiden tapi di daerah belum dapat (arahan)," tuturnya.

"Kemarin baru ada sosialisasi, baru prioritasnya untuk tenaga kesehatan, TNI, dan Polri, datanya (pasti) belum ada," tambah Oded.

Saat ditanya perihal kesanggupannya sebagai penerima vaksin pertama di Bandung, Oded berujar lebih baik menunggu hingga ada kelanjutan informasi. "Kita tunggu saja nanti ya," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi kabar gembira terkait vaksin Corona. Vaksin Corona untuk masyarakat akan diberikan secara gratis.

"Setelah menerima banyak masukan masyarakat dan melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis," kata Presiden Jokowi lewat YouTube Sekretariat Kepresidenan, Rabu (16/12/2020).

"Sekali lagi, gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," katanya.

Jokowi memerintahkan jajaran kabinetnya dan pemda untuk memprioritaskan program vaksinasi di tahun anggaran 2021. Menkeu Sri Mulyani juga diminta merealokasikan anggaran terkait.

"Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan kepada Menteri Keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin," ujarnya.

(mso/mso)