Akses Geopark Sukabumi Longsor, Polisi Tutup Sementara Arus Lalin

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 21:27 WIB
Longsor menerjang kawasan Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi. Alat berat pun dikerahkan untuk membersihkan material longsor yang terjadi di kawasan itu.
Foto: Longsor di Sukabumi (Syahdan Alamsyah/detikcom).
Sukabumi -

Jalur penghubung utama dari Palabuhanratu, Sukabumi menuju kawasan wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu putus akibat longsor. Polisi terpaksa menutup sementara arus lalu lintas menuju kawasan tersebut.

Kapolres Sukabumi AKBP Lukman Syarif mengatakan penutupan tersebut karena masih adanya ruas jalan yang berbahaya untuk dilintasi kendaraan. Selain itu, saat ini masih dalam proses evakuasi material longsor.

"Sementara tadi ada jalur yang sudah dibuka ada jalur yang memang tidak bisa dilalui dulu. karena inikan turun lagi hujan yang kita khawatirkan begitu. Jadi ada dua wilayah Polsek yakni Polsek Simpenan dan Ciemas dari hasil pantauan dan kegiatan kapolsek dan koramil dan juga BPBD itu saat ini sedang melaksanakan upaya pembersihan sisa longsoran. Ada yang sudah bisa di lalui, ada juga yang belum bisa dilalui dikarenakan terjadi longsoran yang tidak bisa dilewati kendaraan ataupun orang dikarenakan berbahaya," kata Lukman kepasa wartawan, Rabu (16/12/2020).

Menurut Lukman selain akses jalan, ia juga memperoleh laporan adanya rumah warga yang terancam longsor. Ia meminta anggotanya untuk berkoordinasi dengan BPBD untuk penanganan evakuasi keluarga yang tinggal di rumah tersebut.

"Selanjutnya tadi laporan dari kapolsek juga bahwa ada satu tempat yang bekas longsoran di bawah nya ada pemukiman warga kita imbau dengan BPBD agar segera di evakuasi, tidak lagi ditempati dikhawatirkan nanti pada saat terjadi dimungkinkan longsor susulan itu akan berbahaya," ujar Lukman.

(sya/mso)