Pilkada Bandung 2020

Akui Kekalahan, Cabup Nia: Selamat Kang DS-Kang Sahrul Semoga Amanah

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 14:03 WIB
Cabup Bandung Kurnia Agustina
Foto: Cabup Bandung Kurnia Agustina (Muhammad Iqbal/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Setelah hampir satu pekan sosok Kurnia Agustina tidak muncul ke publik usai pemungutan dan penghitungan suara pada 9 Desember 2020. Akhirnya, dia muncul membawa ucapan selamat kepada pasangan Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan yang dinyatakan menang dalam Pilkada Bandung 2020.

Sebelumnya, KPU melaporkan hasil rapat pleno penghitungan suara tingkat kabupaten. Hasilnya pasangan Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan unggul dari dua lawannya dengan memperoleh sebanyak 928.602 suara yang sah.

Nia yang tidak didampingi oleh pasangannya Usman Sayogi mengucapkan selamat kepada Dadang-Sahrul. Ia berpesan agar pasangan yang diusung oleh PKB, Nasdem, Demokrat dan PKS itu mampu mengemban jabatannya dengan jujur dan bertanggung jawab.

"Saya dari Teh Nia-Usman mengucapkan selamat kepada Kang DS dan Bu DS serta Kang Sahrul, semoga menjadi pemimpin yang amanah, bisa membawa garda masyarakat ke lebih baik lagi," ucap Nia saat ditemui di Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (16/12/2020).

Seperti diketahui, hasil rekapitulasi KPU, pasangan Nia-Usman yang diusung oleh Golkar dan Gerindra itu hanya memperoleh sebanyak 511.413 suara sah. Pasangan tersebut hanya unggul di satu kecamatan dari 31 kecamatan yang ada.

Meski begitu, Nia mengaku peroleh suara sekitar 30,85 persen merupakan hasil yang cukup baik. Ia tidak menyesal akan kekalahan tersebut.

"Kita berbesar hati menerima apa yang sudah diputuskan oleh KPU dan Panwas sebagai hasil akhir. Kita sepakati bersama bahwa semua ada konsekuensinya," lanjut Nia.

Selain itu, ia pun mengapresiasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya bahkan melebih pencapaian di tahun 2015 lalu. Menurutnya, hasil ini merupakan kedewasaan politik dari masyarakat yang sudah tumbuh.

"Saya melihatnya ini jadi satu fenomena yang lumayan unik. Kenapa? di tengah pandemi Corona ini masyarakat dihadapkan pada dukungan yang tidak mudah. Di sini teruji kedewasaan berdemokrasi masyarakat kita," ujarnya.

(mso/mso)