Pasukan Bertopeng 'Power Ranger' Turun ke Jalan Razia Masker di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 13:17 WIB
Pasukan bertopeng power ranger razia masker di Ciamis
Pasukan bertopeng power ranger razia masker di Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis -

Pemkab Ciamis terus gencar melakukan razia masker untuk mengendalikan penularan Covid-19. Seperti Satpol PP Ciamis melakukan cara unik dengan menerjunkan pasukan bertopeng pahlawan 'Power Ranger' saat Operasi Yustisi.

Seperti terlihat para petugas pahlawan bertopeng 'Power Ranger' ini membawa papan sosialisasi protokol kesehatan 3M di kawasan Alun-alun Ciamis, Rabu (16/12/2020).

Mereka juga memberhentikan pengendara yang tidak pakai masker, memberikan teguran, tilang hingga memberi sanksi sosial. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian para pengendara memperhatikan papan sosialisasi 3M.

Kabid Tantrib Satpol PP Ciamis Iskandar mengatakan sengaja menerjunkan petugas pahlawan bertopeng 'Power Ranger' agar dilihat oleh para pengguna jalan. Karena saat ini mengingatkan masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan 3M harus gencar dilakukan.

"Topeng Power Ranger ini menandakan pahlawan penegak kebenaran. Mereka senantiasa kompak dalam melakukan perjuangan untuk kebenaran," ujar Iskandar.

Menurutnya, begitu juga dalam memerangi COVID-19 perlu kerja sama dan bahu membahu dengan semua pihak dari masyarakat, kesehatan, pemerintah, aparat dan swasta.

"Kami terus berupaya mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari. Agar jumlah kasus positif COVID-19 di Ciamis tidak terus bertambah," ungkapnya.

Iskandar mengakui saat ini warga Ciamis kembali kurang disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Itu terbukti dari razia masker yang kali ini dilakukan, dalam waktu setengah jam sebanyak 40 pengendara terjaring tidak memakai masker.

Umumnya mereka pengguna sepeda motor. Bukan hanya lupa tidak memakai masker ternyata mereka kebanyakan secara sengaja tidak membawa masker dari rumah dengan dalih lupa dan buru-buru.

"Bagi yang terjaring tidak pakai masker ini dihukum diberi Kalung bertuliskan pelanggar protokol kesehatan. Juga dihukum menyapu membersihkan kawasan Taman Alun-alun Ciamis," ungkapnya.

(mud/mud)