Round-Up

Saat Massa Geruduk Mapolres Ciamis dan Siap Ditahan Gantikan Rizieq

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 14 Des 2020 08:26 WIB
Sejumlah umat Islam dari berbagai elemen masyarakat mendatangi Marpolres Ciamis. Kedatangan mereka untuk memprotes penahanan Habib Rizieq di Polda Metro Jaya.
Sejumlah umat Islam dari berbagai elemen masyarakat mendatangi Mapolres Ciamis. Kedatangan mereka untuk memprotes penahanan Habib Rizieq di Polda Metro Jaya. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Penahanan Habib Rizieq Shihab oleh Polda Metro Jaya memicu ragam reaksi pendukungnya. Massa dari sejumlah elemen menggeruduk Mapolres Ciamis untuk menyuarakan aspirasinya yaitu meminta Rizieq dibebaskan.

Massa yang mayoritas pria ini masuk ke halaman Mapolres Ciamis, Jalan Jendral Sudirman, Minggu (13/12). Silih berganti orasi di tengah guyuran hujan, mereka siap ditahan menggantikan Rizieq yang mendekam di penjara.

"Kami siap menggantikan imam besar untuk ditahan," ujar salah seorang koordinator aksi, Wawan Malik Marwan.

"Apabila imam besar disakiti. Kami siap berdarah-darah. Tuntutan kami hanya satu, bebaskan imam besar kami," kata Wawan menambahkan.

Sejumlah umat Islam dari berbagai elemen masyarakat mendatangi Marpolres Ciamis. Kedatangan mereka untuk memprotes penahanan Habib Rizieq di Polda Metro Jaya.Sejumlah umat Islam dari berbagai elemen masyarakat mendatangi Mapolres Ciamis. Kedatangan mereka untuk memprotes penahanan Habib Rizieq di Polda Metro Jaya. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)

Wawan dan massa lainnya siap bertolak Jakarta apabila Habib Rizieq tidak segera dibebaskan. Aksi massa di Mapolres Ciamis ini berjalan aman dan lancar. Usai demonstrasi, massa pendukung Rizieq itu balik kanan.

Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra menjelaskan kedatangan massa tersebut untuk menyampaikan aspirasi. "Tadi rekan-rekan FPI menyampaikan aspirasi, tadi datang dengan baik-baik, kondusif, kita terima mereka. Alhamdulillah kondusif," ujar Dony saat dihubungi detikcom.

Dony menyatakan urusan hukum yang tengah dijalani Habib Rizieq merupakan kewenangan Polda Metro Jaya. Sehingga, ia menegaskan, tidak ada sangkut pautnya dengan Polres Ciamis.

"Kami juga mengimbau untuk tetap menjaga kondusifitas Ciamis. Terlebih lagi saat ini Ciamis sebentar lagi akan melaksanakan Pilkades serentak, mari sama-sama jaga kondusifitas," tutur Dony.

(bbn/bbn)