Gempa M 4,2 Guncang Brebes, 23 Rumah di Kuningan Rusak

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 13:00 WIB
Sejumlah rumah di Kuningan rusak imbas dari guncangan gempa di Brebes, Jateng.
Foto: Sejumlah rumah di Kuningan rusak terkena imbas dari guncangan gempa di Brebes, Jateng (Istimewa).
Kuningan -

Puluhan rumah warga di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat rusak akibat guncangan gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,2 di Brebes, Jawa Tengah yang terjadi Jumat (11/12/2020) pagi.

Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, ada 23 rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Indra Bayu mengatakan puluhan rumah yang terdampak gempa itu berada di Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan.

"Ada 23 rumah yang terdampak di Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin. Rinciannya empat rumah rusak sedang dan 19 rumah rusak ringan," kata Indra saat dikonfirmasi detikcom.

Selain merusak 23 rumah warga, dua unit fasilitas umum yakni gedung Puskesmas dan Posyandu di Desa Cipondok juga mengalami kerusakan ringan.

Menurut Indra saat ini tim BPBD Kabupaten Kuningan masih melakukan pendataan kemungkinan masih adanya rumah warga lainnya yang mengalami kerusakan.

Selain di Kecamatan Cibingbin, gempa yang terjadi di Brebes itu juga dirasakan beberapa kecamatan di Kabupaten Kuningan diantaranya Kecamatan Cibeureum dan Kecamatan Cimahi.

(mso/mso)