Pilkada Pangandaran

Rekap Form C-1, Jeje-Ujang Klaim Menang Tipis Selisih 10 Ribu

Faizal Amiruddin - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 09:28 WIB
Jeje-Ujang unggul tipis di Pilkada Pangandaran
Foto: Faizal Amiruddin
Pangandaran - Kubu pasangan calon Bupati Jeje Wiradinata - Ujang Endin Indrawan kembali mengklaim kemenangan. Kali ini Jeje-Ujang mengumumkan hasil penghitungan real count yang dilakukan oleh DPC PDI Perjuangan Pangandaran.

"Kami melakukan penghitungan hasil pemungutan suara dengan melakukan rekapitulasi terhadap form C1. Artinya ini real count," kata Jeje Wiradinata, Rabu (9/12/2020) tengah malam.

Dia menjelaskan hasil rekap form C1 dari 800 TPS yang ada di Pangandaran hasilnya menempatkan pasangan Jeje-Ujang sebagai pemenang, meski selisihnya tetap tipis di kisaran 3 persen. "Kami pasangan Juara (Jeje-Ujang) mendapat 138.148 suara atau 51,87 persen, sementara pasangan Aman (Adang Supratman) mendapat 128.190 suara atau 48,13 persen," kata Jeje.

Kedua pasangan terpaut selisih perolehan suara sebanyak 9.958 suara atau 3,74 persen. "Hasil ini tidak jauh berbeda dengan hasil quick count yang kami lakukan sebelumnya," kata Jeje.

Menurut hasil penghitungan itu Jeje-Ujang unggul di 6 kecamatan yakni Sidamulih, Kalipucang, Pangandaran, Padaherang, Mangunjaya dan Langkaplancar. Sementara Adang-Supratman unggul di 4 kecamatan yaitu Cimerak, Cijulang, Parigi dan Cigugur.

"Hasil penghitungan ini akan menjadi pegangan bagi kami dalam menghadapi rekapitulasi berjenjang yang akan dilakukan oleh KPU. Kami melakukan klaim kemenangan ini dengan didukung data. Menghitung C1 dengan teliti dan cermat, kemudian kami juga telah memiliki foto dari C-1 plano. Sehingga kami sangat siap untuk mengikuti pleno penghitungan di tingkat Kecamatan maupun di tingkat Kabupaten," kata Jeje.

Kemenangan dengan selisih tipis ini diakui Jeje di luar ekspektasinya. "Yang penting menang dululah, hal-hal lain akan kami lakukan evaluasi dan penelusuran," kata Jeje.

Simak juga video 'Mahfud MD: Ketidakpuasan Hasil Pilkada Akan Terjadi':

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)