Unggul Pilkada Indramayu Versi Quick Count, Nina Ngaku Diberi Selamat Daniel Mutaqien

Sudirman - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 20:47 WIB
Paslon Indramayu Nina Agustina-Lucky Hakim
Foto: Sudirman Wamad
Indramayu -

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Nina Agustina Bachtiar-Lucky Hakim telah mendeklarasikan kemenangannya versi quick count atau hitung cepat. Menurut quick count Indikator Politik Indonesia, Nina-Lucky unggul 37,49 persen dibanding dengan tiga pasangan lainnya.

Nina mengaku Calon Bupati Indramayu nomor urut 3 Daniel Mutaqien telah mengakui kemenangannya. "Sekitar jam 17.00 WIB, Mas Daniel menelpon saya. Ya, mengucapkan selamat. Katanya, saya titip Indramayu," kata Nina kepada awak media saat jumpa pers di kediamannya di Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jabar, Rabu (9/12/2020).

Nina mengapreasi apa yang dilakukan Daniel. Ia mengaku tetap bersinergi dengan Daniel dan semua elemen untuk membangun Indramayu lebih baik.

"Kita bersinergi, sama-sama. Kalau paslon lain kurang tahu (menelepon atau tidak), saya belum buka handphone juga. Semuanya kita sinergi," kata Nina.

Sementara itu, Ketua DPD PDI Jabar Ono Surono menjelaskan kemenangan Nina-Lucky merupakan sejarah bagi Indramayu. Ono menyinggung soal politik dinasti di Indramayu yang sudah berlangsung selama 20 tahun.

"Politik dinasti memang ramai, memang berdampak negatif dan berpotensi korupsi. Selain itu membangun oligarki. Kemenangan ini membuktikan bahwa rakyat Indramayu pintar," kata Ono.

Ono juga mengapresiasi ucapan selamat yang dilakukan Daniel kepada calon yang diusungnya. Ucapan selamat tersebut, menurut Ono, bukti bahwa perturangan antar calon telah usai.

"Dengan teleponnya Mas Daniel ke Bu Nina membuktikan bahwa pertarungan usai. Sekarang saatnya rekonsiliasi," ucap anggota DPR RI itu.

Ono menyadari hasil hitung cepat bukan lah final. Pihaknya tetap menunggu hasil resmi dari KPU. Ia pun meminta relawan Nina-Lucky untuk mengawal perhitungan suara yang masih berlangsung.

"Selain quick count, kami juga melakukan Real count. Data yang masuk sudah 70 persen, hasilnya tidak jauh berbeda dengan quick count," kata Ono.

Sementara itu, dari asil hitung cepat versi Indikator Politik Indonesia menyebutkan, Nina-Lucky meraih 37,49 persen. Kemudian, disusul pasangan nomor urut tiga yang juga petahana Daniel Mutaqien-Taufik Hidayat, yakni 29,29 persen.

Sementara itu, urutan ketiga paslon nomor urut satu Sholihin-Ratnawati yakni 24,58 persen. Dan, terakhir adalah paslon perorangan Toto Sucartono-Deis Handika yang meraih 8,63 persen. Margin eror hitung cepat ini sekitar 1,81 persen dengan jumlah partisipasi pemilih sekitar 68 persen. Data yang masuk sudah 100 persen.

(ern/ern)