Pilkada Pangandaran 2020

Unggul Tipis Versi Hitung Cepat LSI, Jeje-Ujang Akan Amankan Perolehan Suara

Faizal Amiruddin - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 19:56 WIB
Jeje-Ujang unggul tipis di Pilkada Pangandaran
Foto: Faizal Amiruddin
Pangandaran -

Pasangan nomor urut 1 Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan menang tipis atas seterunya pasangan nomor urut 2 Adang Hadari dan Supratman. Hal itu berdasarkan hitung cepat yang digelar oleh LSI Denny JA.

Hasil hitung cepat LSI menempatkan pasangan Jeje-Ujang unggul dengan 51,82 persen sementara Adang-Supratman meraih 48,18 persen, dengan margin error sebesar 1 persen. Posisi tersebut merupakan hasil akhir dari metoda hitung cepat yang digelar LSI di posko pemenangan Jeje-Ujang Jalan Cikembulan Pangandaran, Rabu (9/12/2020) petang.

"Ya kami memang menggelar kerjasama dengan LSI untuk quick count, Alhamdulillah kami unggul, tentu saja kami bersyukur kepada Allah SWT," kata Jeje. Jeje mengatakan berterimakasih kepada masyarakat Pangandaran atas kemenangan yang diraihnya.

Jeje menjelaskan pertarungan head to head dengan perolehan suara yang cukup ketat atau menang tipis ini menggambarkan sebuah dinamik demokrasi yang cukup bagus. "Memang ketat tapi ini menggambarkan dinamika yang bagus," kata Jeje.

Dia juga mengatakan hendak mengamankan perolehan suara yang telah diraihnya. "Tentu jaringan suara akan kami jaga. Form C1 akan kita kawal hingga ke penghitungan dan rekapitulasi. Berdasarkan pengalaman kami hasil quick count tak akan berbeda dengan real count KPU," kata Jeje.

Dari hasil hitung cepat, diketahui Jeje-Ujang unggul di 6 kecamatan dari 10 kecamatan yang ada di Pangandaran. Jeje mengaku hasil ini memang tipis dan di luar ekspektasi. "Tapi inilah takdir Allah yang sudah terjadi. Kami bersyukur dan akan melakukan evaluasi," kata Jeje.

Sementara itu hasil sementara penghitungan yang dilakukan desk Pilkada Kabupaten Pangandaran juga menempatkan pasangan Jeje-Ujang unggul atas Adang-Supratman. Jeje-Ujang unggul 51,90 persen sementara Adang-Supratman 48,10 persen.

Posisi yang tercatat pada jam 17.00 WIB tersebut menyatakan jumlah TPS masuk 794 dari total 800 TPS dengan jumlah suara masuk sebanyak 264.364. Jeje-Ujang mendapat 137.200 dan Adang-Supratman 127.164.

Sebelumnya Ketua KPU Pangandaran Muhtadin mengatakan pada Pilbup Pangandaran 9 Desember 2020 hanya ada satu lembaga survei yang melaksanakan hitung cepat dan melaporkan ke KPU. "Sejauh ini baru satu lembaga penyelenggara hitung cepat pada Pilkada Pangandaran, yaitu LSI," kata Muhtadin, Rabu (9/12/2020).

(ern/ern)