Petugas KPPS Positif Corona Jelang Pilkada: 199 di Bandung, 24 Indramayu

Sudirman Wamad, Muhammad Iqbal - detikNews
Senin, 07 Des 2020 19:22 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi
Kabupaten Bandung -

Jumlah petugas KPPS, KPU Kabupaten Bandung yang terkonfirmasi positif COVID-19 terse bertambah. Sampai Minggu (6/12/) kemarin, total ada 199 petugas yang dinyatakan terinfeksi virus mematikan tersebut.

Sebelumnya, per tanggal 4 Desember 2020, ada 49 petugas KPPS yang dinyatakan positif COVID-19. 49 petugas segera diganti dan penggantinya pun segera melakukan rapid tes.

Komisioner KPU Kabupaten Bandung Supriatna mengatakan, ada 199 petugas KPPS yang dinyatakan positif. Saat ini, pihaknya pun masih menunggu hasil terbaru.

"Update terakhir saya baru dapat per hari kemarin, 199 yang positif. Langsung kita ganti," ujar Supriatna kepada wartawan, Senin (7/12/2020).

Supri mengatakan, petugas yang positif tersebut langsung segera diganti. Sebanyak 199 pengganti tersebut segera melakukan tes rapid.

Menurutnya apabila dalam satu TPS di bawah 4 orang maka ada beberapa opsi yang bisa dilakukan. Pertama, akan ada kerjasama antar PPS terdekat. kemudian bisa juga mengajukan tenaga bantuan dari tenaga pendidik di sekitar TPS tersebut.

"Tinggal nanti mengajukan dariPPS keKPU Kabupaten Bandung kalau memang ada kebutuhan kerja sama dengan lembaga pendidikan," katanya.