Ini Kondisi Terkini Bocah Pemulung yang Viral Kerjakan PR di Trotoar

Siti Fatimah - detikNews
Minggu, 06 Des 2020 21:00 WIB
Begini kondisi bocah pemulung yang kerjakan tugas di trotoar
Begini kondisi bocah pemulung yang kerjakan tugas di trotoar (Foto: Istimewa)
Bandung - Kisah Muhammad Rais (9) bocah yang sempat viral karena mengerjakan tugas di trotoar Bandung sempat menyita perhatian masyarakat. Warganet banyak menaruh iba lantaran tidak hanya menjadi pemulung ternyata Rais bersama ibunya tidak memiliki tempat tinggal tetap di Bandung.

Lantas bagaimana dengan kondisi terbaru Rais saat ini?

Berdasarkan informasi yang diperoleh, saat ini Rais bersama ibunya tengah dalam penanganan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung. Kepala Dinsos Tono Rusdiantono membenarkan informasi tersebut.

"Iya benar (Rais dan ibu) ada di Dinsos," ujar Tono saat dihubungi detikcom, Minggu (6/12/2020).

Tono mengatakan, Rais telah dirujuk ke UPT Puskesos (Pusat Kesejahteraan Sosial). "Kita lakukan rapid test, periksa kesehatan, selama di Dinsos diberikan pelayanan dasar, yaitu makanannya, assesment, kalau sudah di assesment akan tergambar semuanya termasuk darimana berasal," lanjut Tono.

Hanya saja selama masa tanggap darurat COVID-19, ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dimiliki Rais dan Ibunya saat dirujuk ke Puskesos di antaranya, kronologis kejadian jujur valid dan bisa dipertanggung jawabkan oleh perujuk, dokumentasi, dan surat keterangan dari kecamatan atau kelurahan setempat.

Persyaratan administrasi lainnya meliputi surat keterangan polisi setempat, surat kesehatan dari petugas medis terdekat yang menjamin dan bertanggung jawab sehubungan dengan COVID-19, dan dikonfirmasi sebelum ke UPT PUSKESOS.

Tono melanjutkan, sementara ini Rais dan Ibunya tidak memiliki identitas secara resmi baik KTP maupun KK. Dari informasi awal Ibu Rais bernama Siti berusia 45 tahun sedangkan ayahnya telah meninggal dunia.

"Hasil sementara orang tuanya Nama Siti 45 tahun berasal dari Semarang Jawa tengah, kalau sudah lengkap datanya akan kita lakukan tindak lanjut Apakah akan di terbitkan KTP bagi Ibu Siti atau kita kembalikan ke Semarang," jelasnya.

Hingga saat ini, keduanya telah diboyong ke rumah singgah sementara di Rancacili, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung. Dinsos Bandung belum dapat memutuskan tindakan lanjutan karena Rais masih berstatus sebagai siswa di SDN 047 Balonggede.

"Perkembangan nanti kita lihat, saat ini saya belum bisa memutuskan karena anaknya katanya sekolah di SD Balongede," pungkasnya. (mud/mud)