40 Persen Lulusan Sarjana Bandung Terserap Industri di Tengah Pandemi

Siti Fatimah - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 14:11 WIB
40 persen lulusan STIE Ekuitas Bandung terserap industri meski di tengah pandemi
Wisuda virtual yang digelar STIE Ekuitas Bandung (Foto: Istimewa)
Bandung -

Peluang bekerja di dunia industri bagi lulusan sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas di masa pandemi tidak terpengaruh. Setidaknya hampir 40% dari jumlah wisudawan sudah terserap oleh perusahaan sebelum dinyatakan lulus kuliah.

Hal tersebut disampaikan Ketua STIE Ekuitas Prof. Dr. Fani Cahyandito dalam gelaran wisuda gelombang I tahun akademik 2019-2020 yang digelar secara daring.

"Kepercayaan dunia industri dan dunia kerja kepada lulusan STIE Ekuitas semakin tinggi. Terbukti, dari jumlah wisudawan sebanyak 302 lulusan, hampir 40 persen sudah direkrut oleh perusahaan sebelum lulus kuliah," kata Prof Fani berdasarkan keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (4/12/2020).

Padahal, lanjut dia, dalam kondisi pandemi COVID-19 banyak terjadi pemutusan hubungan kerja. "Alhamdulillah, lulusan Ekuitas malah memperoleh panggilan bekerja dari sejumlah perusahaan. Namun yang terpenting, kami menitipkan agar para alumni Ekuitas ini dapat menjaga citra positif dan nama baik almamaternya," ujarnya.

Dia mengatakan, untuk menyiapkan lulusan yang memiliki sumber daya unggul dan menjadikan kampus yang bertaraf Internasional, pihaknya menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan.

"Alhamdulillah kami telah mencapai visi tersebut yang dibuktikan dengan sejumlah kerja sama dengan Lembaga dan PT yang ditindak lanjuti dengan kegiatan seperti pertukaran mahasiswa, dosen tamu, join research, join conference, dan lain-lain," imbuhnya.

Sementara itu, kerja sama dengan luar negeri diantaranya Kedutaan Besar Qatar, MarkPlus, Inc (MarkPlus & Co), SEGI University Malaysia, Kolej University Islam Antarabangsa Selangor Malaysia, Young San University Korea, Kanazawa University Jepang, Fontys International Business Scholl Belanda, University of Kuala Lumpur Malaysia, City Institute Australia, King Own Institue (KOI) Australia, Australian College Business Intelligent (ACBI), Universiti Malaysia Klantan, Universitas Jambi, Universitas Widyagama Samarinda, Universitas Bina Nusantara Bandung.

"Adapun beberapa kegiatan mahasiswa sebagai implementasi dari kerjasama luar negeri, seperti Double Degree ke YSU, Summer Program, Internship Student Exchange-Fontys dan Student Exchange KUIS," jelas Prof Fani.

Dia menambahkan, sejak tahun akademik 2017-2020, telah di buka program kerja sama STIE Ekuitas dengan Bank untuk mempersiapkan mahasiswa terpilih yang akan bekerja dalam program Talent Scouting atau program Ikatan Dinas Bank bjb.

"Mulai tahun ini, telah dibuka Program Talent Scouting atau program Ikatan Dinas Bank bjb untuk program Diploma. Alhamdulillah telah tiga batch yang telah kami laksanakan, dengan lulusan 25 mahasiswa di Batch pertama, 21 mahasiswa batch kedua dan 29 mahasiswa di batch ketiga yang terdiri dari 15 mahasiswa program Sarjana dan 14 mahasiswa program Diploma," pungkasnya.

(mud/mud)