Longsor di Cianjur, Puluhan Rumah Terancam-104 Warga Mengungsi

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 16:07 WIB
Pergerakan tanah di Cianjur.
Foto: Pergerakan tanah di Cianjur (Istimewa).
Cianjur -

Longsor dan retakan tanah terjadi di Desa Sukabungah, Kecamatan Campakamulya, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020). Puluhan rumah terancam dan 104 orang warga terpaksa mengungsi akibat kejadian tersebut.

Informasi yang dihimpun detikcom, longsor terjadi di beberapa kampung di Desa Sukabungah usai wilayah tersebut diguyur hujan deras selama beberapa jam.

"Kejadian pukul 14.00 WIB. Ada beberapa kampung yang terdampak longsor, di antaranya Kampung Cikaung, Kampung Ciherang Girang, Kampung Walagar, dan Kampung Kereman," ujar Kepala Desa Sukabungah E Juanan, Kamis (3/12/2020).

Menurutnya tidak ada korban dalam bencana longsor tersebut. Namun beberapa rumah rusak lantaran tertimpa material longsoran.

"Total 50 rumah yang terancam dan 104 warga terpaksa mengungsi," tuturnya.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Irfan Sopyan, mengatakan longsor dan retakan tanah juga mengakibatkan jembatan penghubung antar kampung terputus dan satu masjid rusak.

Menurutnya BPBD sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memberikan logistik dan memperbaiki jembatan yang putus.

"Tim sudah meluncur ke lokasi untuk melakukan pendataan. Kami juga sudah komunikasi dengan dinas terkait agar aktivitas warga tak terhambat akibat jembatan yang putus," ujarnya.

(mso/mso)