Wagub Jabar Minta Pembangunan Tol Cigatas Segera Direalisasikan

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 11:24 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum
Foto: Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meminta agar pemerintah pusat segera merealisasikan pembangunan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya). Jalan itu nantinya, akan menghubugnkan Bandung-Tasikmalaya yang dilanjutkan ke Cilacap.

"Kami mengharapkan di hari ulang tahun PUPR ini, kami meminta kepada Kementerian Jalan Tol Cigatas, yaitu antara Bandung dan Tasikmalaya, yang selanjutnya ke Cilacap ingin terealisasi," ujar Uu usai Upacara Hari Bakti PUPR di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (3/12/2020).

Tol Cigatas awalnya akan menghubungkan daerah Cileunyi-Garut-Tasikmalaya. Namun karena ada beberapa usulan akhirnya tol tersebut akan diperpanjang sampai Cilacap dengan menghubungkan daerah Gedebage-Majalaya-Garut-Kota Tasikmalaya-Kabupaten Tasikmalaya-Ciamis-Banjar.

Pada 2018 lalu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan pembangunan tol tersebut akan dilelangkan pada tahun 2019. Namun, setahun berselang belum ada kemajuan yang signifikan dari proyek tersebut.

"Tetapi mungkin belum mulai, tetapi harapan kami ingin segera dilaksanakan," tutur Uu.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan sedianya percepatan pembangunan Jalan Tol Cigatas telah dilakukan sejak ia menjabat sebagai Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, pada 2019 lalu.

"Percepatan-percepatan sudah dimulai sehingga nanti tol itu bukannya di utara saja, tapi ada juga di wilayah selatan, yang nanti akan menyambungkan seperti yang disampaikan Pak Wagub tadi, dari Bandung ke Cilacap, sampai Yogyakarta, langsung segitiga emas Yogya-Semarang-Solo," katanya.

Pembangunan tol selatan Jawa dari arah Yogyakarta sampai Kulonprogo, ujarnya, sudah dimulai. Sedangkan proses Yogyakarta-Cilacap sudah dalam tahap prakontrak.

"Juga Jawa Barat sudah menyiapkan lahan untuk kebutuhan untuk tol. Karena rata-rata untuk tol itu lebarnya paling banyak, paling tidak sampai 100 meter," katanya.

Pihaknya pun meminta dukungan masyarakat, agar Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) segera rampung, sehingga akses dari Bandung ke Bandara Kertajati dan Pelabuhan Patimban lebih mudah.

"Peta Provinsi Jawa Barat itu sudah terakomodasi dalam rencana pengembangan infrastruktur wilayah sebagai dasar dari rencana masterplan pembangunan, bagian dari rencana 2020 sampai dengan 2024. Kita sudah memetakan itu semua bahkan sampai dengan rencana Vision 2030 Kementerian PUPR," tuturnya.

(yum/mso)