Keterisian Kasur RS Rujukan COVID di Bogor Sudah 85 Persen

M Solihin - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 17:42 WIB
Ciputra Hospital menyiapkan sedikitnya 210 Bed isolasi untuk pasien COVID-19 yang berlokasi di Ciputra Hospital Citra Garden City, Jakarta. Ini potretnya.
Ilustrasi (Foto: dok. Ciputra Group)
Bogor -

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, bed occuvancy di rumah sakit Kota Bogor yang ditunjuk untuk menangani COVID-19 sudah mencapai 85 persen. Bima menyebut situasi ini sudah berbahaya.

"Bed ocuvancy juga rasionya sekarang sudah 85 persen. Sekarang kita sedang menyiapkan rumah sakit darurat, menentukan ruang isolasi untuk OTG (orang tanpa gejala) selain di Lido, kemudian meningkatkan kapasitas surveilance, jadi ini perlu koordinasi yang rapih lagi," kata Bima Arya usai melakukan pertemuan secara daring dengan seluruh rumahsakit di Kota Bogor, Selasa (1/12/2020).

"Ini sudah mendekati angka penuh, ini sudah bahaya. Jadi, sementara pasien (poaitif COVID-19) harus di pisah, ada yang bergejala, ada yang (kategori) merah, ada yang ringan, kemudian ada yang komorbid dan ada yang non komorbid, gitu, semua ini treatmennya harua berbeda," lanjut Bima.

Bima menyebut, saat ini pihaknya masih melakukan kajian dan komunikasi untuk menentukan lokasi rumah sakit darurat yang akan disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus positif COVID-19.

"Ada beberapa titik yang kita incer. Untuk ruang isolasi selain lido? Ada satu hotel tetapi masih dalam tahap administrasi," sebut Bima.

Bima mengungkap, kasus positif COVID-19 di Kota Bogor sempat menyentuh angka 50 kasus dan menjadi angka tertinggi selama pandemi COVID-19.

"Saya update kepada semua rumah sakit, bahwa ini kondisinya masih menuju hal yang darurat, penambahan kasus positif semakin tinggi, melonjak. Kemarin menyentuh angka tertinggi 50 ini rekor," ungkap Bima.

Meskipun penambahan positif terus melonjak dan bed occuvancy di rumah sakit khusus COVID-19 menyentuh angka 85 persen, Kota Bogor sampai saat ini masih berstatus oranye atau sedang dalam tingkat penyebaran COVID-19 Kota Bogor.

"Status kota Bogor masih oranye," tutup Bima.

(mud/mud)