Sakit, Mahfud Relawan Pengatur Lalin yang Suka Joget Butuh Bantuan

M. Sholihin - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 14:21 WIB
Mahfud, relawan pengatur lalin di Bogor.
Foto: Mahfud, relawan pengatur lalin di Bogor (Istimewa).
Bogor - Siapa tak kenal Mahfud, relawan pengatur lalin di Kota Bogor yang punya gaya unik. Sambil 'berjoged' dan menebar senyum, Mahfud kerap menjadi 'penghibur' pengendara di saat lelah karena kemacetan di Kota Bogor.

Namun belakangan, sosok Mahfud tak nampak di pertigaan Jalan Sancang, Kota Bogor, tempatnya sehari-hari bertugas. Pria yang sebelumnya sempat ngetrend di pertigaan Hotel Salak, Jalan Ir. Juanda ini dikabarkan sedang mengalami sakit parah.

"Bapak sakit, sudah 2 bulan sakitnya. Keluhan pertama sakitnya sih di lambungnya," kata anak sulung Mahfud, Ilham Maulana (22) ditemui di rumahnya di Desa Ciluar, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Selasa (1/12/2020).

Tulang punggung keluarga ini, kini tidak bisa lagi banyak bergerak dan hanya bisa berbaring di rumahnya. Kehidupan ekonomi keluarganya yang serba pas-pasan, membuat pihak keluarga kesulitan untuk atasi biaya pengobatan.

"Sempat dibawa ke RS Marzuki Mahdi, tapi katanya harus ke Jakarta, kemungkinan dirawat di sana. Tapi kan kalau ke sana biayanya itu yah, lagipula keluarga ngontrolnya gimana mesti bolak balik, kan. Makanya keluarga pilih bawa ke rumah saja," tambahnya.

Mahfud merupakan relawan pengatur lalulintas yang dikenal warga dan pengendara di Bogor dengan gaya nyentriknya saat mengatur lalu lintas. Berbekal senyuman dan tarian saat mengatur lalin, membuat pengendara terhibur di saat arus mengalami kemacetan.

Gayanya yang kocak dan selalu mengundang tawa ini jadi obat dikala pengendara lelah karena kemacetan. Gaya kocaknya saat mengatur lalin ini membuat banyak orang tak segan memberi uang untuk mahfud. Oleh Mahfud, uang pemberian pengendara itu kemudian digunakannya untuk menghidupi istri dan 4 anaknya.

Aksi Mahfud yang sudah bertahun-tahun turun ke jalan untuk mengatur lalin ini juga sempat mendapat apresiasi dari Kepolisian, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan Zulkifli Hasan yang saat itu menjabat Ketua MPR RI. Uang dan umroh gratis untuk Mahfud diberikan karena dedikasinya.

Ayah 4 anak ini memulai karir sebagai sukarelawan pengatur lalin ini sejak 2004 lalu di bilangan Jalan Sholeh Iskandar, Kota Bogor. Setelah sempat berpindah lokasi ke kawasan Warung Jambu dan pertigaan hotel salak Jalan Ir Juanda, Kota Bogor, Mahfud kini menjadi sukarelawan pengatur lalin di pertigaan Jalan Sancang, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Seiring dengan usia bertambah, Mahfud kemudian mulai diserang penyakit. Sejak beberapa pekan lalu, 'artis' jalanan Kota Bogor ini tak bisa lagi 'manggung' dan menghibur pengendara. Karena penyakit yang dideritanya, pria berusia ini tak bisa banyak bergerak dan hanya bisa terbaring di rumahnya. (mso/mso)