Peringati Hari AIDS, Dinkes Ciamis Gelar Tes HIV Gratis di 37 Puskesmas

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 12:16 WIB
Warga mengikuti tes HIV gratis di puskesmas Ciamis
Warga mengikuti tes HIV gratis di puskesmas Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis -

Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2020, Dinas Kesehatan Ciamis menggelar tes HIV gratis serentak di 37 Puskesmas di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Seperti yang terlihat di Puskesmas Ciamis, belasan ibu hamil dan masyarakat beresiko mengikuti tes HIV tersebut. Tujuannya untuk menekan angka penularan HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis.

"Jadi utamanya kita fokus ke ibu hamil tapi juga untuk kalangan komunitas dan masyarakat yang memang rentan terhadap penyebaran virus HIV/AIDS. Tes kali ini gratis," ujar Bidan sekaligus Pengelola Program HIV/AIDS Puskesmas Ciamis Dewi Endah Purnamawati, Selasa (1/12/2020).

Endah mengatakan apabila memang ditemukan adanya yang terindikasi pihaknya akan langsung melakukan tindakan selanjutnya. Kemudian melakukan pendampingan untuk melakukan pengobatan ARV.

"Terutama untuk ibu hamil yang terindikasi positif, ketika melakukan pengobatan ARV secara disiplin dan mengikuti anjuran maka kemungkinan besar tidak akan menularkan kepada bayinya," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid P2P Dinkes Ciamis didampingi Pengelola Program HIV/AIDS Dinkes Ciamis Nova Dahliana menjelaskan pengetesan kali ini lebih fokus pada ibu hamil. Karena sebagai populasi khusus, ibu hamil belum mendapat hak nya untuk dites HIV.

"Agar semua ibu hamil di Ciamis bisa mengetahui status HIV nya. Misalkan positif maka bisa menekan penularan kepada Bayu sejak dini dengan pengobatan ARV selama 6 bulan," kata Nova.

Nova mengatakan sebetulnya kegiatan tes HIV untuk ibu hamil dilakukan sejak 18 November dan akan selesai sampai 18 Desember. Namun di Hari AIDS ini dilaksanakan secara serentak dan gebyar.

"Kita dilakukan di 37 Puskesmas dan 1 rumah sakit karena memang di Ciamis seluruhnya sudah memiliki layanan untuk tes HIV," jelasnya.

(mud/mud)