Hati-hati! Potensi Hujan Disertai Angin Kencang di Sejumlah Daerah Jabar

Siti Fatimah - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 08:24 WIB
Ilustrasi Hujan Deras Angin Kencang Genangan Air
Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi
Bandung -

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan akan terjadi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Jawa Barat pada pagi hingga malam hari. Warga diminta waspada dengan hasil prediksi tersebut.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi, siang dan sore hingga malam di beberapa wilayah," tulis BMKG dalam laman resminya seperti dilihat detikcom, Selasa (2/12/2020).

Wilayah sebaran yang diperkirakan akan hujan disertai angin kencang yakni Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Subang, Karawang, Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Bandung.

Kemudian Kota Cimahi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar juga diprakirakan akan hujan disertai angin kencang.

Pada pagi secara umum wilayah Jawa Barat berawan hingga hujan petir di daerah Parigi. Kemudian pada siang dan sore hari berpotensi hujan petir di wilayah Bogor, Lembang, Tasikmalaya, Soreang, Singaparna, Pelabuhanratu, Kuningan, Garut, Sukabumi, Cirebon, Cimahi, Cianjur, Ciamis, Banjar, dan Bandung.

"Malam hari rata-rata wilayah Jawa Barat berawan hingga hujan ringan," tulisnya.

Sementara itu, suhu udara wilayah Jawa Barat berkisar antara angka 21-31 derajat celcius. Kemudian untuk kecepatan angin bertiup dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan 20 km/jam.

BMKG juga mencatat, kelembaban udara di Jawa Barat antara 60-90. Selain prakiraan cuaca, BMKG juga mencatat prakiraan tinggi gelombang di perairan Jawa Barat.

"Perairan sebelah Utara Jawa Barat sekuta 0,50 meter sampai 1,50 meter. Perairan sebelah Selatan Jawa Barat 2,00 meter hingga 3,00 meter," pungkasnya.

(mso/mso)