Pemkot Bandung Kaji Penggunaan Stadion untuk Tempat Isolasi Pasien Corona

Wisma Putra - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 14:35 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial
Foto: Wali Kota Bandung Oded M Danial (Siti Fatimah/detikcom).
Bandung -

Pemerintah Kota Bandung mempertimbangkan untuk memanfaatkan sejumlah stadion sebagai tempat isolasi pasien COVID-19. Hal itu dilakukan menyusul semakin menipisnya tempat tidur atau tempat isolasi untuk merawat pasien COVID-19.

"Kita sedang mencari, kira-kira mana saja tempat yang bisa kita pakai (untuk tempat isolasi). GBLA, Arcamanik dikaji dulu ya," kata Wali Kota Bandung Oded M Dania, di Masjid Al-Ukuwah, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Senin (30/11/2020).

Oded mengaku sudah mendapat laporan dari Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna terkait meningkatkan kasus COVID-19. Dia mengaku sedang menyiapkan sejumlah langkah untuk mencegah peningkatan kasus COVID-19.

"Pak sekda sudah laporan kepada saya, kondisi terakhir memang seperti itu (meningkat). Tapi, Insya Allah Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung terus berupaya mencari solusi, di antaranya menambah tempat tidur," kata Oded.

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, dari laman Pusat Informasi COVID-19 (Pusicov) Kota Bandung, kasus positif kumulatif mencapai 3.454 kasus, bertambah 70 kasus dari sehari sebelumnya. Kasus positif aktif 622 kasus atau bertambah 70 kasus dari sebelumnya, sembuh 2.679 dan meninggal dunia masih di angka 113 orang.

Oded belum mengetahui, tambahan tempat tidur untuk pasien COVID-19. Saat ini, sedang disiapkan Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung.

"Belum, sedang disiapkan, sedang berupaya," uajarnya.

Selain mencari tempat lainnya, Oded memastikan RSKIA sudah melakukan penambahan tempat tidur. "Di RSKIA, ada di atas, sedang disiapkan juga. Kita terus berjalan Insya Allah," ucapnya.

Oded meyakini banyak fasilitas yang bisa difungsikan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19. "Banyak potensi (untuk tempat isolasi), ya," ujarnya.

(wip/mso)