Waspada Parkir di Jalan Kota Tasikmalaya! 4 Ban Sedan Ini Raib Digondol Maling

Deden Rahadian - detikNews
Sabtu, 28 Nov 2020 12:30 WIB
Pencurian ban mobil di tasikmalaya
Foto: Deden Rahadian
Tasikmalaya -

Aksi pencurian ban Kendaraan yang terparkir di jalan raya semakin marak. Kali ini terjadi di Jalan Mohammad Toha, tepatnya di Kalangsari, Cipedes, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, sabtu dini hari (28/11/2020).

Sebuah sedan warna silver D 1057 SX jadi sasaran pencurian ban kendaraanya. Tak tanggung tanggung, empat buah ban dan velek dicuri pelaku hanya dalam waktu setengah jam.

"Kendaraan saya ini pak. Dicuri empat buah ban nya. Duh kerugian ini lima juta," ujar Asep Yadi, pemilik Sedan di lokasi.

Aksi para pelaku sempat terekam kamera cctv dari perusahaan kayu di depanya. Pelaku diketahui mengendarai kendaraan roda empat. Diduga pelaku berjumlah lebih dari dua orang. Namun, yang terekam kamera pengawas hanya dua orang saja. Keduanya mengenakan pakaian hitam dengan celana panjang dan pendek. Pelaku ini gunakan perkakas manual untuk mencuri ban. Keduanya juga terlihat mengganjal kendaraan gunakan batu yang dibawanya.

Pencurian ban mobil di tasikmalayaPencurian ban mobil di tasikmalaya Foto: Deden Rahadian

"Terekam kamera pengawas. Jadi kelihatanya dia ambil dulu ban sebelah kanan. Baru ambil ban bagian kiri. Padahal arus lalu lintas rame dia ini santai ajah nyuri. Pelaku pake alat manual copot bannya kalau dilihat cctv mah," tambah Asep.

Asep mengaku kendaraannya itu tengah direntalkan. Saat kejadian sudah disewa empat hari.

"Lagi direntalkan ini sudah empat hari pak. Ini dicuri empat-empatnya," kata Asep.

Peristiwa ini diketahui pertama kali oleh pedagang bubur ayam yang akan berjualan. Ia kaget melihat kendaraan tanpa ban. Merasa curiga pedagang kemudian melapor kepada rukun tetangga setempat.

"Saya mau jualan lihat mobil ini kok enggak ada banya. Diganjel lagi. Saya lapor ajah," ujar Enjang, pedagang Bubur.

Petugas Kepolisian dari Pos Pol Cipedes dan Sektor Indihiang, mendatangi lokasi kejadian. Selain memintai keterangan saksi dan korban, polisi juga amankan kamera pengawas.

Pelaku diduga masih amatir karena mencuri dalam waktu cukup lama.

(ern/ern)