PNS Positif Corona, 2 Instansi Pemkab Ciamis WFH 3 Hari

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 12:52 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona (ilustrator: Edi Wahyono)
Ciamis -

Dua pegawai negeri sipil (PNS) di dua instansi Pemkab Ciamis positif Corona. Para pegawai dua kantor di Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) dan Bappeda Ciamis akan work from home (WFH) selama tiga hari.

Kepala Dinas Kesehatan Ciamis Yoyo membenarkan adanya dua PNS di Ciamis yang terkonfirmasi positif di dua instansi tersebut. "Iya benar, dua orang di dua dinas terkonfirmasi positif. Mengalami gejala ringan, saat ini pasien menjalani isolasi mandiri," ucap Yoyo saat dihubungi detikcom, Rabu (25/11/2020).

Dinas Kesehatan Ciamis langsung melakukan tracing. Tercatat ada 126 orang dari dua dinas tersebut yang rencananya menjalani swab test. Sedangkan untuk penutupan kantor, pihaknya tengah mengkaji ruangan-ruangan yang ditutup. Serta akan melakukan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh.

Sementara itu, Kabid P2P Dinas Kesehatan Ciamis Bayu Yudiawan menambahkan, PNS yang positif tersebut sebelumnya memiliki riwayat berdinas di luar daerah. Kemudian mengalami gejala ringan. Setelah di swab test ternyata terkonfirmasi positif.

Menurut Bayu, sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) untuk orang dan tempat, minimal dalam tiga hari penutupan selesai tracing. Untuk menentukan adanya penularan lokal di tempat tersebut dan penentuan status pegawai.

Kepala Bappeda Ciamis Andang Firman mengatakan ada seorang stafnya positif Corona. Setelah berkonsultasi dengan BKPSDM Ciamis, pihaknya akan memberlakukan WFH selama tiga hari.

"Untuk tracing di Bappeda sendiri ada 50 orang, semua akan menjalani swab test. Semoga tidak ada penularan lokal dan kantor bisa segera buka setelah dilakukan sterilisasi. Karena Bappeda ini cukup vital jadi harus benar-benar sesegera mungkin," kata Andang.

(bbn/bbn)