Debat Pilkada Pandeglang

Pasangan Irna-Tanto dan Thoni-Imat Sepakat Kembangkan Wisata Religi

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 17:35 WIB
Debat Pilkada Pandeglang.
Foto: Debat Pilkada Pandeglang (Istimewa).
Pandeglang -

Dua pasangan calon di Pilkada Pandeglang nomor urut 1 Irna Narulita-Tanto Arban (Irna-Tanto) dan nomor urut 2 Thoni Fatoni Mukson-MIftahul Tamamy sepakat mengembangkan wisata religi Pandeglang. Apalagi, daerah ini terkenal dengan sebutan sejuta santri seribu ulama.

Thoni mengatakan, berdasarkan data dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) bahwa telah terjadi penurunan wisatawan datang ke Pandeglang. Ia menyebut bahwa ada strategi yang salah bahwa selama ini kawasan wisata jadi sapi perahan tanpa perencanaan dan pembinaan.

Wisata pantai juga padahal memiliki potensi yang melimpah. Hanya, wisata ini belum terbangun akibat jalan dan infrastruktur buruk. Ia menyebut ke depan, selain pembinaan dan menggali potensi di atas adalah dengan mengembangkan wisata religi.

"Harus bisa mengembangkan wisata religi," ujar Thoni di debat Pilkada Pandeglang yang disiarkan secara langsung, Senin (23/11/2020).

Jika terpilih, untuk mendukung wisata juga perlu memperbanyak aneka festival. Mulai dari festival layang-layang, festival pantai sampai festival ikan asin. Kegiatan itu bila perlu mendapatkan support dari pemerintah daerah.

Sementara Tanto mengatakan, saat menjadi wakil bupati visi misi pertama mereka memang adalah kunjungan wisata. Tanjung Lesung bisa jadi kawasan ekonomi khusus. Tapi kemudian pandemi dan bencana tsunami memporak-porandakan kunjungan wisata. Jadi, kata dia, strateginya ke depan adalah pengembangan wisata religi.

"Tentu wisata religi, karena Pandeglang tidak bisa melepaskan itu," ujarnya.

Wisata religi ini juga diselaraskan dengan pariwisata halal. Sedangkan festival menurutnya sudah dilakukan di masa ia menjadi wakil bupati mulai dari festival Tanjung Lesung dan sebagainya.

(bri/mso)