Pengelolaan Pasar Baru Bandung Segera Dilelangkan

Wisma Putra - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 16:19 WIB
Sepinya pengunjung tidak hanya terjadi di pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta. Pasar Baru Bandung juga mulai ditinggal oleh para pembeli.
Foto: Pasar Baru Bandung (Mukhlis Dinillah/detikcom).
Bandung -

Pengelolaan Pasar Baru Trade Center Kota Bandung akan segera dilelangkan. Awal tahun 2021, pusat perbelanjaan terbesar di Kota Bandung ini akan memiliki pengelola baru.

"Baru akan lelang, lagi kita siapkan, dokumen kita siapkan, perhitungan kelayakan bisnisnya sudah dilakukan tahun 2018, mudah-mudahan dalam beberapa minggu ini bisa kita naikan ke tiga surat kabar nasional untuk pembukaan peserta lelang," kata Dirut PD Pasar Herry Hermawan di Balai Kota Bandung, Senin (23/11/2020).

PD Pasar membuka peluang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang berminat mengelola Pasar Baru. Namun, dengan syarat yang sudah ditentukan.

"Boleh, mitra-mitra yang mau mengelola. Jadi dia harus bisa merencanakan, bisa membangun, membangun maksudnya bisa renovasi, Pasar Baru kan sudah sangat jelek strukturnya, harus direnovasi kembali sehingga layak dan bisa mengelola dalam waktu yang panjang," ungkapnya.

Selain itu, Herry menyebut dibutuhkan waktu yang cukup panjang untuk melakukan renovasi dan penataan Pasar Baru. "Pembangunan Pasar Baru, secara studi itu tiga tahun perbaikannya. Katakan awal tahun sudah terpilih pemenang lelangnya, tiga tahu dia harus membangun," paparnya.

Jika sudah melakukan pembangunan, pengelola baru bisa melakukan pengelolaan terhadap aset yang ada di Pasar Baru.

"Setelah tiga tahun melakukan pembangunan, dia bisa melakukan pengelolaan. Dia bisa menjual ruang-ruang dagang, fasilitas parkir, fasilitas toilet, mudah-mudahan kita melihat potensi masih besar," ujarnya.

Menurutnya, pengelolaan diberikan kepada pihak ketiga karena PD Pasar tidak mampu mengelola aset Pasar Baru. Salah satunya terkait masalah anggaran.

"PD Pasar sendiri selama tahun 2019 akhir, kan setelah serah terima dari perusahaan yang lama tahun 2019. Setelah diserahterimakan dalam mengelola ini butuh biaya besar untuk menjalankan roda usaha di pasar sekelas Pasar Baru," jelasnya

"Terus terang, PD Pasar juga memiliki keterbatasan, dari sisi operasional, SDM, finansial dan keahlian karena banyak hal yang harus diperbaiki," tambahnya.

(wip/mso)