14 Santriwati di Cilaku Cianjur Positif Corona

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 10:12 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona (ilustrator: Edi Wahyono)
Cianjur -

Sebanyak 14 orang santriwati di salah satu pondok pesantren, Kecamatan Cilaku, Cianjur, Jawa Barat, terkonfirmasi positif COVID-19. Temuan ini menjadi klaster ponpes kedua di Cianjur.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Cianjur Yusman Faisal mengatakan awalnya pada 12 November 2020 ada orang tua santriawati yang melapor jika anaknya mengeluhkan tidak bisa mencium bau. Setelah tim puskesmas datang ke ponpes, ternyata selain santriwati tersebut, ada 13 santri lainnya yang mengeluhkan gejala serupa.

"Total ada 14 santri yang mengalami gejala tidak bisa mencium. Ternyata dari hasil swab test yang keluar beberapa hari lalu, didapati jika 14 santriwati tersebut terkonfirmasi positif COVID-19," ujar Yusman, Senin (23/11/2020).

Berdasarkan temuan tersebut, sekitar 60 santriwati di Ponpes Cilaku beserta para tenaga pengajarnya juga menjalani swab test. Namun hasilnya belum keluar.

"Kami tes semuanya, tidak hanya yang berkontak erat. Tapi kami masih tunggu hasilnya untuk tenaga pengajar dan puluhan santri lainnya," kata dia.