Kasus Corona Meningkat, Pemkab Majalengka Kembali Terapkan PSBM

Bima Bagaskara - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 14:38 WIB
Ilustrasi Dokter
Foto: Ilustrasi COVID-19 (Edi Wahyono/detikcom).
Majalengka -

Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat terus melonjak akhir-akhir ini. Bahkan dalam sehari, orang yang terpapar virus Corona bertambah hingga 101 kasus.

Dengan melonjaknya kasus positif itu, Pemerintah Kabupaten Majalengka bergerak cepat untuk menekan jumlah sebaran agar tidak semakin meluas. Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) akan kembali diberlakukan mulai Senin 23 November besok.

"Atas dasar saran pemikiran, masukan dan kajian bersama serta mencermati perkembangan saat ini maka di Majalengka akan diberlakukan PSBM dalam skala mikro terhitung mulai Senin besok," kata Bupati Majalengka Karna Sobahi dalam keterangan yang diterima detikcom Minggu (22/11/2020).

Dalam pemberlakuan PSBM nanti, sejumlah kebijakan seperti penegakan protokol kesehatan serta pembatasan kerumunan di tempat-tempat publik akan dibatasi. Selain itu sejumlah tempat wisata jug akan kembali ditutup.

Salah satu objek wisata yang sudah mengumumkan tutup sementara ialah Wisata Terasering Panyaweuyan di Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka.

Melalui unggahan Instagram @teraseringpanyaweuyan_argapura pihak pengelola mengumumkan penutupan wisata alam itu mulai hari ini hingga waktu yang belum ditentukan.

"Mengingat meningkatnya COVID-19 yang menimpa Argapura. Untuk itu sesuai arahan serta instruksi Bupati, maka mulai pada hari Minggu 22 November 2020 @teraseringpanyaweuyan_argapura @terasering_panyaweuyan DI TUTUP untuk sementara waktu. Sampai Dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan. Demikian yang bisa kami sampaikan atas nama seluruh pengelola (Relawan) @teraseringpanyaweuyan_argapura @terasering_panyaweuyan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Salam sehat semuanya. Tetap patuhi protokol kesehatan," tulis akun @teraseringpanyaweuyan_argapura

Sementara itu juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Majalengka Alimudin mengatakan dengan terus melonjaknya kasus positif Corona di Majalengka, pihaknya berharap agar masyarakat terus berperan aktif dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Terus lalukan 3M jaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir," ujarnya.

(mso/mso)