Status Kinerja Sangat Tinggi, Cabup Marwan: Kita Dorong Birokrat Profesional

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 10:50 WIB
Cabup Sukabumi Marwan Hamami.
Foto: Cabup Sukabumi Marwan Hamami (Istimewa).
Sukabumi -

Calon bupati Sukabumi petahana Marwan Hamami memaparkan soal profesionalitas birokrat di masa kepemimpinannya. Salah satu bukti nyatanya adalah penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri yang memberikan status kinerja sangat tinggi untuk Pemkab Sukabumi.

Dijelaskan Marwan capaian prestasi tersebut merupakan hal yang sangat positif bagi Pemkab Sukabumi. Karena, kata dia, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saat ini sangat memahami SOP-nya dan tujuan bekerjanya lebih terarah.

Dari data yang diberikan, Pemkab Sukabumi meraih skor 3,5157. Dengan skor tersebut menjadikan Kabupaten Sukabumi paling tinggi di antara kota dan kabupaten lain di Jawa Barat. Diketahui, mekanisme penilaian skor tahun pelaksanaan 2018, dievaluasi tahun 2019 kemudian diumumkan tahun 2020.

Bahkan berkat skor itu, Pemkab Sukabumi berpeluang mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena berturut-turut masuk 10 besar dalam kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah dengan status sangat tinggi. Hal itu berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD).

"Jadi kami memberikan bukti, bagaimana kita menciptakan para birokrat yang profesional memahami aturan kerjanya, keberhasilan soal kinerja inilah yang patut disyukuri dan tentunya sangat membanggakan, karena merupakan kerja keras seluruh perangkat daerah," kata cabup nomor urut 2 itu dalam sebuah kegiatan kepada detikcom, Jumat (20/11/2020).

Ditegaskan Marwan, bagaimana melaksanakan sebuah visi dan misi dalam masa pemerintahan amatlah penting. Tentunya hal itu seiring dengan pelaksanaan yang seiring sejalan dalam oda pemerintahan.

"Kinerja yang sudah baik ini harus dipertahankan dan ditingkatkan. Saat ini capaian kita sudah bagus, tinggal kita lanjutkan kita pertahankan bahkan harus lebih baik dalam periode mendatang. Birkorat kita dorong untuk terus bekerja profesional, tidak hanya laporan yang bagus-bagus saja tapi juga bagaimana melayani masyarakatnya," beber Marwan.

Marwan mengatakan, selama masa kepemimpinannya, sedikitnya 170 pemghargaan berhasil diraih. Penghargaan itu merupakan bukti nyata kecintaanya kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi.

"Tidak akan ada penghargaan yang berhasil diraih tanpa peranan unsur masyarakat di semua kalangan. Jadi tidak hanya arah kerja yang jelas tapi juga terukur membuktikan kinerja birokrat yang baik," pungkas dia.

(sya/mso)