Melonjak! Kasus COVID-19 di Cirebon Bertambah 83 Orang Sehari

Syahdan Alamsyah, Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 20:08 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Cirebon -

Lonjakan kasus pasien positif COVID-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, kembali terjadi. Hari ini, Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan adanya penambahan 83 pasien positif COVID-19 anyar.

Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon Nanan Abdul Manan membenarkan informasi tersebut. Nanan mengatakan 83 kasus anyar tersebut tersebar di 25 kecamatan, dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon. Di antaranya Kecamatan Greged, Pangenan, Ciledug, Pabuaran, Mundu Lemahabang, Suranenggala, Gunungjati, Waled, Losari, Pasaleman, Sedong, Astanajapura, Gegesik, Plumbon, Talun, Sumber, Palimanan, Beber, Gebang, Susukan, Babakan, Jamblang, Karangsembung dan Gempol.

"Hari ini penambahan kasus 83 orang," kata Nanan dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (19/11/2020).

Nanan mengatakan 83 kasus mayoritas merupakan kontak erat dengan pasien sebelumnya. Beberapa di antaranya merupakan pasien suspek yang dinyatakan positif setelah menjalani swab.

"Beberapa pasien positif COVID-19 yang sebelumnya dinyatakan suspek masih menjalani perawatan di rumah sakit. Ada juga yang isolasi mandiri," kata Nanan.

Nanan mengatakan dari 83 pasien, enam di antaranya merupakan tenaga kesehatan di puskesmas, yakni Puskesmas Ciperna, Kamarang, Pabuaran dan Pangenan. "Di Puskesmas Pangenan totalnya tiga," kata Nanan.

Nanan mengatakan dengan adanya penambahan 83 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 anyar itu, total pasien positif COVID-19 di Cirebon mencapai 1.804 kasus. Sebanyak 1.009 pasien berhasil sembuh, 678 masih menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri. Kemudian, 117 pasien meninggal dunia.

Selanjutnya
Halaman
1 2