Timbulkan Kerumunan, Turnamen Voli di Tasikmalaya Dibubarkan Polisi

Deden Rahadian - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 13:27 WIB
Turnamen voli di Tasikmaya dibubarkan polisi.
Foto: Turnamen voli di Tasikmaya dibubarkan polisi (Deden Rahadian/detikcom).
Tasikmalaya -

Turnamen bola voli di Desa Cibongas, Kecamatan Pancatengah, Tasikmalaya, Jawa Barat dibubarkan Polisi, Kamis (19/11/2020). Pembubaran dilakukan karena kegiatan tersebut dinilai melanggar protokol kesehatan COVID-19.

Berdasarkan informasi yang didapat, kegiatan tersebut dihadiri banyak warga sehingga menimbulkan kerumunan. Selain itu warga atau penonton yang datang menyaksikan pertandingan voli abai protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker.

Akibatnya, polisi bersama personel TNI dari Koramil Pancatengah terjun ke lokasi untuk melakukan pembubaran. Hal itu dilakukan demi mencegah penyebaran COVID-19.

"Pertandingan bola voli kami bubarkan karena langgar protokol Kesehatan. Terjadi kerumunan massa penonton ada yang enggak pakai masker," ucap Kapolres Tasikmalaya AKBP Hendria Lesmana, Kamis (19/11/2020).

Selain dihentikan, pihak panitia juga diminta menunda pertandingan hingga pandemi COVID-19 usai. Mereka tidak menyampaikan izin kegiatan hingga sempat berlangsung selama sepekan.

"Oleh karena itu kami bagian dari Tim Gugus Tugas COVID-19 mengimbau panitia turnamen voli ini untuk tidak melanjutkan pertandingan. Karena dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan dan klaster baru penyebaran COVID-19," ungkap Hendria, Kamis (19/11/2020).

Kepolisian atau tim satuan tugas COVID-19 Kabupaten Tasikmalaya terus mengingatkan kepada masyarakat agar mentaati protokol kesehatan.

"Kami terus ingatkan kepada masyarakat bahwa pandemi COVID-19 masih ada sampai saat ini. Dan kami sudah mengingatkan untuk berpedoman terhadap protokol kesehatan, namun masih ada yang tidak mentaati, maka kami ambil tindakan tegas membubarkan," ucap Hendria.

Selain membubarkan para penonton, sejumlah perlengkapan pertandingan voli juga diturunkan agar tidak digunakan.

"Pertandingan voli di Desa Bongas ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan, menunggu sampai kondisi dan situasi pandemi COVID-19 ini aman," ucap Kapolsek Pancatengah AKP Iwan Sujarwo

"Kita berencana memanggil panitia pertandingan voli, agar tidak melaksanakan kegiatan yang mengundang massa banyak, yang melanggar protokol kesehatan, meminimalisir penyebaran COVID-19," ujar Iwan.

(mso/mso)