Pohon Tumbang di Jalur Puncak Cianjur, Akses Jalan Tertutup-Lallin Macet

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 16 Nov 2020 19:16 WIB
Pohon tumbang di Cianjur.
Foto: Pohon tumbang di Cianjur (Istimewa).
Cianjur -

Pohon tumbang terjadi di Jalan Cianjur menuju Puncak, Senin (16/11/2020) sore. Akibatnya akses jalan Cianjur menuju Puncak ataupun sebelumnya tertutup, sehingga arus kendaraan pun dialihkan.

Informasi yang dihimpun, pohon setinggi 15 meter dengan diameter lebih kurang 70 centimeter terjadi di Desa Ciherang Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, sekitar pukul 16.30 WIB.

Pohon tersebut tumbang usai diterjang hujan deras disertai angin kencang. Beruntung tidak ada korban luka ataupun jiwa dalam kejadian tersebut. Tetapi batang pohon menutup seluruh badan jalan.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian pohon tumbang. Hanya ada warung dan rumah yang mengalami rusak ringan usai tertimpa. Tapi pohon melintang dan menutup akses jalan," ujar Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Irfan Sopyan, Senin (16/11/2020).

Menurutnya satu tim dari BPBD sudah berada di lokasi untuk melakukan penanganan dan segera membersihkan batang pohon yang tumbang.

"Kami upayakan segera bisa ditangani sehingga tidak lagi menutup akses jalan," kata dia.

Di sisi lain, Paur Subbag Humas Polres Cianjur Ipda Ade Nopi mengatakan arus lalulintas dari Cianjur menuju puncak sementara dialihkan ke jalan alternatif Sukabumi dan Jonggol.

Pasalnya kemacetan parah terjadi lantaran akses jalan yang tidak bisa dilalui. "Hingga 17.30 WIB, masih terjadi kemacetan. Banyak kendaraan yang menggelembung ke lajur kanan dari kedua arah. Dengan begitu yang dari arah Cianjur ke puncak dialihkan sementara, supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan dan antrean tidak semakin panjang," ujarnya.

(mso/mso)