PHRI Catat Ada Puluhan Hotel di Jabar Dilego Imbas COVID-19

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 15 Nov 2020 13:33 WIB
Bandung -

Sejumlah hotel di Jawa Barat terdampak pandemi COVID-19 hingga berencana dijual. Lalu berapa jumlah hotel yang sudah ambil ancang-ancang dilego?

"Mereka tidak ngomong, tapi banyak. Kalau data cukup banyak, puluhan," ucap Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar saat dihubungi, Minggu (15/11/2020).

Menurut Herman, rata-rata hotel yang hendak dilego ini berstatus di bawah bintang tiga. Meski begitu, ia tak bisa menyebutkan hotel mana saja.

"(Bintang) tiga ada, empat ada. Paling banyak tiga ke bawah," tuturnya.

Berdasarkan data PHRI, hotel yang dijual terdiri dari beberapa daerah di Jabar. Mulai dari kota besar hingga kabupaten.

"Ya seperti di Bandung cukup banyak, Kabupaten Bandung, Bogor," kata dia.

Sebelumnya, Sektor perhotelan mengalami dampak terbesar akibat pandemi COVID-19 yang sudah berbulan-bulan. Akibatnya, beberapa hotel di Jabar dikabarkan akan dijual.

Hal itu diungkapkan Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar.

"Banyak hotel yang tutup, yang mau dijual banyak. Kecuali hotel bintang 4-5 masih bagus. Tapi average room rate (ARR) lebih rendah 40 persen dari normal," ucap Herman saat dihubungi usai acara Himpunan Humas Hotel Bandung (H3B), Senin (9/11/2020).

Dilegonya hotel-hotel di Jabar ini tak terlepas dari kondisi ekonomi di Jabar. Terlebih saat ini berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia mengalami resesi usai pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga negatif 3,48 persen.

"Sudah pasti itu (terkena dampak) karena dengan resesi itu daya beli kan berkurang, sedangkan pengangguran meningkat, orang kembali ke daerah-daerah," ujarnya.

(dir/mud)