Pohon Tumbang di Cianjur, Listrik di 5 Kecamatan Padam-Jalan Provinsi Tertutup

Whisnu Pradana, Ismet Selamet - detikNews
Sabtu, 14 Nov 2020 22:08 WIB
Jalan nasional di cianjur tertutup longsor
Foto: istimewa
Cianjur -

Pohon tumbang terjadi di sejumlah lokasi di Cianjur menimpa tiang listrik, Sabtu (14/11/2020) malam. Akibatnya lima kecamatan padam listrik dan jalan provinsi menuju Cianjur selatan tertutup.

Humas PLN Cianjur Deetje Mardijjah mengatakan hujan deras disertai angin kencang membuat pohon tumbang dan menimpa jaringan listrik di beberapa wilayah. Selain itu ada juga kabel yang terkena sambaran petir.

Hal itu membuat jaringan listrik di Kecamatan Campaka, Campaka Mulya, Sukanaga, Pagelaran, serta Pasirkuda, padam sejak pukul 18.30 Wib.

"Jaringan listrik padam di lima kecamatan, sebab ada jaringan yang tertimpa pohon tumbang dan tersambar petir," ujar Deetje via telepon seluler, Sabtu (14/11/2020).

Menurutnya hingga pukul 20.30 Wib, petugas PLN masih melakukan penanganan. Dia mengaku belum bisa memastikan kapan listrik akan kembali normal.

"Masih penanganan, karena banyak lokasi yang terkena pohon tumbang. Tapi akan kami upayakan segera normal dan jaringan listrik kembali menyala," tuturnya.

Selain itu, pohon tumbang juga membuat jalan menuju Cianjur selatan tertutup total.

"Ada pohon tumbang di kawasan Cibeber hingga membuat akses dari Cianjur menuju selatan tertutup," ungkap Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Irfan Sopyan.

Menurut Irfan, petugas BPBD tengah melakukan penanganan agar kendaraan bisa kembali melintas, sehingga tak terjadi antrean panjang kendaraan.

"Kami usahakan agar minimal bisa dilewati satu jalur," ujarnya.

Sementara itu hujan deras juga terjadi di Bandung Raya sehingga sempat menyebabkan Stasiun Padalarang tergenang banjir, Sabtu (14/11/2020) sore.

Akibat banjir tersebut, perjalanan sejumlah kereta sempat mengalami keterlambatan. Berdasarkan informasi dari PT KAI Daop 2 Bandung, banjir di jalur 1, 2, dan 3 baru mulai surut di bawa kop rel pada pukul 18.00 WIB sehingga bisa kembali dilewati kereta.

Empat kereta api yang mengalami keterlambatan keberangkatan kurang lebih 60 menit di antaranya KA 542 KA Lokal Bandung Raya relasi Padalarang-Cicalengka, KA 533 Lokal Bandung Raya relasi Cicalengka-Padalarang, KA 534 Lokal Bandung Raya relasi Padalarang-Cicalengka, serta KA 523 Lokal Bandung raya Relasi Cicalengka-Padalarang.

"Kami mengucapkan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api di Stasiun Padalarang yang terdampak hujan lebat dan menyebabkan sejumlah prasarana jalur rel terimbas banjir," Humas PT KAI Daop 2 Bandung Noxy Citrea melalui keterangan tertulisnya.

Menurutnya saat ini pihaknya sudah melakukan normalisasi sejumlah jalur yang tergenang agar perjalanan kereta bisa kembali normal.

"Kami dibantu pihak-pihak terkait untuk menormalisasi jalur yang tergenang. Keamanan dan keselamatan perjalanan KA tetap jadi prioritas kami. Alhamdulillah pada pukul 18.00 WIB air sudah surut di bawah kop rel dan jalur kereta api berangsur normal kembali," tegasnya.

(ern/ern)