Viral Anggota DPRD Banten Adu Mulut dengan Polisi Saat Razia Masker

Bahtiar Rifa - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 17:14 WIB
Anggota DPRD Banten adu mulut dengan polisi viral di medsos.
Foto: Anggota DPRD Banten adu mulut dengan polisi (Tangkapan layar video viral).
Lebak -

Video adu mulut anggota DPRD Banten Ade Hidayat dengan anggota polisi viral di media sosial. Ada dua video rekaman perdebatan antar keduanya termasuk dengan anggota Satpol PP saat razia penggunaan masker.

Video pertama berdurasi 1 menit 9 detik. Di video itu, Ade terlihat berdebat dengan anggota polisi. Kemudian terlihat anggota pemadam kebakaran (Damkar) dan Satpol PP. Kejadian itu dikabarkan terjadi di Kabupaten Lebak.

Di video itu, Ade dan polisi berdebat soal masker. Polisi mengatakan soal tunjuk-menunjuk sesuatu sementara anggota DPRD mengatakan bahwa dirinya sudah memakai masker. Di situ juga terdengar percakapan antar keduanya yang tinggi.

"Kan diingatkan saya pake toh, bapak jangan bentak-bentak," kata Ade di video sebagaimana dikutip detikcom, Kamis (12/11/2020).

Seorang anggota Damkar meminta agar anggota DPRD tidak ngotot. Ia menyampaikan bahwa razia dilakukan dengan baik-baik. Polisi yang saling berdebat juga mengatakan bahwa dirinya seorang komandan. Dari situ mereka kemudian berpindah tempat ke arah mini market.

Video kedua berdurasi 1 menit 37 detik. Di situ terlihat Ade dikerumuni polisi, Satpol PP dan terlihat anggota berpakaian TNI. Perdebatan terjadi antara mereka.

"Bapak memaksa saya keluar, dibentak-bentak. Salah saya apa. Bapak maksa saya keluar, saya pakai (sambil menunjuk masker). Apa salah saya. Apa salah saya sekarang, sehingga diberlakukan begini, pasal mana. Saya bisa komplain loh," ujar Ade di video.

Perdebatan tidak berhenti. Antara Ade dan polisi saling berbicara dengan nada keras dan saling tunjuk.

Kepala Satpol PP Lebak Dartim mengatakan bahwa kejadian adu mulut antara anggota DPRD Ade Hidayat dan petugas terjadi di daerah Mandala. Saat itu, petugas gabungan sedang melakukan operasi penyekatan penerapan protokol kesehatan.

"Lagi operasi penyekatan, TNI, Polri ada semua di situ di Mandala, yang bersangkutan (anggota DPRD) pakai mobil tidak pakai masker," kata Dartim dihubungi detikcom.

Kejadian itu sekira pukul 11.00 WIB. Berdasarkan protokol, warga yang tidak menggunakan masker katanya memang akan mendapatkan teguran.

"Yang jelas kita lagi operasi penyekatan gabungan, seperti protap kita hentikan, kita tegur, yang bersangkutan tdak menggunakan tiga M, tidak pakai masker, tidak sesuai, kita perlakukan (sama) dengan yang lainnya, mau yang dewan yang apa, kan begitu," ujarnya.

Sampai berita ini ditulis, detikcom belum mendapatkan klarifikasi dari anggota DPRD Banten Ade Hidayat mengenai video yang viral tersebut.

(bri/mso)