Api Lalap Gudang Penyimpanan Kapas di Bandung

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 16:18 WIB
Kebakaran Gudang Kapas di Bandung
Kebakaran gudang penyimpanan kapas di Bandung. (Foto: dok.Diskar PB Kota Bandung)
Bandung -

Api melalap gudang penyimpanan kapas PT Grand Textile Industry di Jalan A.H Nasution, Kelurahan Pamulang, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung, Kamis (12/11/2020), sekitar pukul 13.15 WIB.

Kebakaran itu bermula saat Gunawan, seorang kepala bagian gudang pabrik, melihat api dan asap di gudang penyimpanan kapas. "Menurut saksi, sekitar pukul 12.30 terlihat gudang penyimpanan kapas terbakar. Penanganan awal sempat dilakukan dengan menggunakan hydrant, kejadian kemudian dilaporkan ke telepon darurat 022-113," kata Kasi Rescue Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Yogi Mamesa dalam keterangannya.

Dalam kejadian ini, menurut Yogi, jumlah kerugian ditaksir mencapai Rp 1 miliar. Luas bagian yang terbakar sekitar 2.800 meter persegi.

Petugas pemadam kebakaran pun bergerak dengan cepat, sehingga kerugian yang lebih banyak bisa diantisipasi. Pasalnya, gudang tersebut diapit oleh gudang kanan di bagian kanan, pabrik benang di bagian depan dan di belakangnya terdapat mes pegawai dan bengkel.

"Kisaran total harga aset terselamatkan kurang lebih Rp 3 miliar. Tidak ada korban dalam kejadian ini," kata Yogi.

(yum/bbn)