Habib Rizieq Tiba di Indonesia, Zulkifli Hasan Serukan Rekonsiliasi

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 14:02 WIB
Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan saat menghadiri Maulid Nabi di Ponpes Al Mubarok, Serang.
Foto: Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan hadiri Maulid Nabi di Ponpes Al Mubarok, Serang (Bahtiar Rifa'i/detikcom).
Serang -

Wakil Ketua MPR Ri Zulkifli Hasan menyerukan adanya rekonsiliasi antara pemerintah dengan Habib Rizieq Syihab. Hal itu menanggapi kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia.

Menurut Zulkifli kepulangan Rizieq bisa jadi momentum semua pihak bersatu. Pilpres, kata dia, sudah usai termasuk pemilihan legislatif yang sempat membuat polarisasi. Apalagi, saat ini bangsa sedang menghadapi pandemi COVID-19 dan resesi ekonomi.

"Jadi saya kira momentum ajang rekonsiliasi, oleh karena itu hentikan saling menghujat, menyakiti sesama saudara," kata Zulkifli saat menghadiri Maulid Nabi di Ponpes Al Mubarok, Serang, Selasa (10/11/2020).

Ketua Umum PAN ini juga mengaku bersedia menjembatani antara berbagai pihak jika diperlukan. Termasuk mediasi misalnya antara pemerintah, Rizieq atau dengan pihak siapapun.

"Saatnya rekonsiliasi, saya Zulkifli Hasan bersedia menjadi mediasi kalau diperlukan. Dengan pemerintah atau dengan Habib Rizieq dengan siapapun. Saya dekat dengan Habib Rizieq dekat, dengan presiden dekat. Jadi kalau diperlukan untuk mediasi atau apapun namanya, dengan senang hati," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa perseteruan antara cebong dan kampret harus dihentikan. Saat ini yang paling penting adalah saling mendengar dan silaturahmi. Dengan itu katanya bisa saling menyelesaikan perbedaan.

"Maka akan terjadi kebersamaan di antara kita," pungkasnya.

(bri/mso)