Peringati Hari Pahlawan, Bupati Ciamis Ajak Warga Berjuang Lawan COVID-19

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 09:55 WIB
Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Ciamis.
Foto: Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan secara sederhana, Selasa (10/11/2020) di halaman Pendopo. Kemudian dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Imbanagara dan memberikan santunan kepada istri veteran.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan hari Pahlawan ini dapat menginspirasi dan memotivasi warga di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, untuk meneruskan perjuangan para pahlawan terdahulu. Dalam masa pandemi COVID-19 ini, Herdiat mengajak warga agar ikut berjuang melawan penyebaran virus Corona.

"Dulu para pahlawan berjuang dengan mengangkat senjata. Tapi sekarang berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa. Salah satunya berjuang melawan COVID-19," ujar Herdiat.

Herdiat menuturkan salah satu bentuk perjuangannya dengan mempedomani protokol kesehatan 3M dalam beraktivitas dan kehidupan sehari-sehari. Seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Taati protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, saat ini di Ciamis kasusnya terus mengalami peningkatan," jelas Herdiat.

Menurut Herdiat, meski digelar sederhana dan dalam kondisi pandemi COVID-19 namun peringatan Hari Pahlawan tetap berlangsung khidmat dan tidak kehilangan makna.

Beberapa hal yang dapat diteladani dari pahlawan adalah rela berkorban, pantang menyerah, saling membantu dan gotong-royong. Hal tersebut perlu dirawat dan dijalankan oleh warga Ciamis. Sehingga ke depan dapat mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa, yakni persatuan bangsa dan dapat menyelesaikan permasalahan bangsa.

"Harus saling menolong terhadap sesama terutama dalam kondisi Pandemi saat ini. Saling menghargai dan menghormati satu sama lain," ujarnya.

(mso/mso)