Kasus COVID-19 Meningkat, Bupati Ciamis: Ada 21 Kecamatan di Level Merah

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 13:14 WIB
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya
Foto: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Kasus COVID-19 di Kabupaten Ciamis terus meningkat, bahkan dalam sehari kemarin ada penambahan sampai 22 pasien. Menyikapi hal itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya langsung melakukan rapat bersama Satgas COVID-19 Ciamis, Senin (9/11/2020).

Penambahan jumlah kasus ini hasil dari tracking kontak dengan pasien positif yang bergejala. Ada klaster keluarga dan transmisi lokal kontak erat dengan pasien positif.

Saat ini jumlah total kasus positif sebanyak 252 orang, meninggal 12 orang, 70 orang positif aktif dengan rincian 14 orang pasien dirawat. Sedangkan 169 orang dinyatakan sembuh.

"Tentu ini harus mendapat perhatian kita semua. Ciamis sudah lama berada zona oranye. Bahkan ada 21 kecamatan di level merah untuk kabupaten Ciamis," ujar Herdiat usai rapat evaluasi di Gedung PKK Ciamis.

Herdiat meminta, tingkat kecamatan dan desa gencar melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat. Seluruh elemen dari TNI-Polri, MUI dan relawan meningkatkan koordinasi.

"Protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak itu satu-satunya cara untuk terhindar dari COVID-19. Supaya perekonomian dan kehidupan harus tetap berjalan," terang Herdiat.

Semakin meningkatnya kasus COVID-19 di Ciamis karena adanya klaster keluarga dan transmisi lokal. Bahkan di perkotaan Ciamis, ada dalam satu RW jumlah konfirmasi positif mencapai 8 orang.

"Jadi dalam rapat ini saya minta kepada semua pihak untuk tidak boleh kendor memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mempedomani protokol kesehatan," tegasnya.

Dengan meningkatnya kasus COVID-19 ini Bupati Ciamis tak menutup kemungkinan kembali memberlakukan PSBB.

"Jangan sampai PSBB diberlakukan lagi, cukup sekali karena cukup berat. Untuk itu kita harus meningkatkan kedisiplinan masyarakat untuk pedomani protokol kesehatan," katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Ciamis Rizali Sopyan mengatakan saat ini pasien COVID-19 yang dirawat sebanyak 14 orang. Rinciannya 11 orang menjalani isolasi dan perawatan, sedangkan 3 orang sedang menunggu hasil.

"Kondisi ruang isolasi dan perawatan COVID-19 di RSUD Ciamis sudah penuh. Untuk perlu mempersiapkan tambahan karena kemungkinan pasien akan terus bertambah," jelasnya.

(mso/mso)