Sumedang Dorong Sektor Wisata-UMKM untuk Tekan Angka Pengangguran

Muhamad Rizal - detikNews
Sabtu, 07 Nov 2020 19:58 WIB
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (Foto: Muhammad Rizal/detikcom)
Sumedang -

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir memprediksi jumlah pengangguran di wilayahnya akan mengalami lonjakan akibat dampak pandemi Corona atau COVID-19. Untuk menanggulangi hal itu, pihaknya membuka pintu bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di setiap desa sebagai solusi mengurangi angka pengangguran.

"Jika melihat kondisi saat ini, angka penganggurannya pasti naik. Namun jumlahnya kita masih menunggu hasil penghitungan Badan Pusat Statistik (BPS)," kata Dony Ahmad Munir, Sabtu (7/11/2020).

Menurut Dony, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran di Kabupaten Sumedang sempat menunjukkan penurunan. "Kalau data pada 2019, angka pengangguran (di Sumedang) menurun. Tetapi kalau 2020 belum ada ukurannya. Harus by data ya, karena harus ada hasil penghitungan data dari BPS, dan itu belum keluar," ucap Dony.

Maka itu, kenaikan jumlah pengangguran menjadi fokus perhatian pemerintah. Untuk itu pihaknya telah menyiapkan berbagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

"Salah satu upaya kami untuk mengatasi pengangguran Non Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan cara menggerakkan sektor wisata, dan mengedepankan UMKM," ucapnya.

Dony menjelaskan berbagai solusi telah dilakukan dalam menekan angka pengangguran di Sumedang. Terlebih, sebanyak 104 kelompok UMKM dari 52 desa telah dibentuk di wilayah Waduk Jatigede, hal itu untuk mengatasi kemiskinan dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

"Koperasi kita bantu, dan One Pesantren One Produk, itu yang kami ikhtiarkan untuk menciptakan lapangan pekerjaan," kata Dony.

Selanjutnya
Halaman
1 2