Temui Bupati Aa Umbara, Buruh Tagih Janji Politik-Kenaikan UMK

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 14:57 WIB
Pertemuan buruh dan Bupati Bandung Barat Aa Umbara.
Foto: Pertemuan buruh dan Bupati Bandung Barat Aa Umbara (Istimewa).
Bandung Barat -

Perwakilan serikat pekerja dan buruh di Kabupaten Bandung Barat menemui Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna untuk menagih janji politik saat Pilkada 2018 lalu.

Sekretaris Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) KBB Dede Rahmat mengatakan sejak terpilih, Aa Umbara dan Hengky Kurniawan sama sekali belum merealisasikan janji politik mereka.

"Kita meminta realisasi janji bupati dan wabup saat Pilkada, yakni perumahan murah bagi buruh dan akomodasi bagi karyawan yang ada di Kabupaten Bandung Barat dan sekretariat bagi serikat kerja," ungkap Dede, Jumat (6/11/2020).

Ia menambahkan, pihak buruh juga meminta mengoptimalkan peran tri partied (serikat pekerja, pengusaha, pemerintah) dalam membahas upah yang layak bagi buruh di Kabupaten Bandung Barat.

"Kita meminta juga dewan pengupahan untuk menaikkan upah minimum minimal 8,51 persen saat ini. Sampai saat ini kita tidak melihat ada sinergitas antara tri partied di KBB," jelasnya.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengatakan pertemuan tersebut tidak lagi membahas tentang omnibus law, tetapi pada realisasi janji politik yang disampaikannya.

"Tadi para perwakilan buruh ingin saya dan wabup segera merealisasikan perumahan murah, terutama lokasinya berdasarkan tempat mereka bekerja. Kita upayakan secepatnya" katanya.

Tak hanya janji politik, saat ini pihaknya juga tengah berupaya mengakomodir tuntutan buruh terutama terkait UMK. "Kita berupaya dengan semua pihak terkait upah minimum, nanti akan ada pertemuan selanjutnya," pungkasnya.

(mso/mso)