Pemkab Sumedang Memastikan Pilkades Serentak Digelar Desember

Muhamad Rizal - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 19:01 WIB
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (Foto: Muhamad Rizal)
Sumedang -

Pemerintah Kabupaten Sumedang memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan dilaksanakan pada 16 Desember 2020 mendatang, meski di tengah pandemi COVID-19.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengatakan pelaksanaan pilkades tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumedang.

"Pilkades serentak di Sumedang akan digelar 16 Desember 2020, berdasarkan Forkopimda dan Forkopimcam se-Kabupaten Sumedang," kata Dony saat ditemui di Gedung Negara Sumedang, Kamis (5/11/2020).

Kata Dony, pihaknya telah memperhitungkan secara matang, mulai dari aspek pengamanan dan pelaksanaannya. Hal itu mengingat kondisi saat ini masih dilanda virus Corona.

"Kami sudah membahas persiapan Pilkades Serentak 2020. Persiapannya harus betul-betul matang dan digelar sesuai protokol kesehatan serta kondusifitasnya harus dijaga," katanya.

Selain itu, pelaksanaan Pilkades ini harus betul-betul dijalankan sesuai protokol kesehatan, sehingga jumlah TPS-nya nanti harus ditambah lagi agar dapat menghindari kerumunan.

"TPS nya harus ditambah lagi, agar warga tidak berkerumun dan tidak terjadi antrean. Selain itu peralatan di TPS pun harus disiapkan sesuai protokol kesehatan. Hal ini untuk menjaga kondusifitas," ucap Dony.

Dony menyebutkan bahwa hingga saat ini Kabupaten Sumedang memiliki warisan yang baik terkait situasi pelaksanaan Pilpres, Pilkada, dan Pilkades.

"Alhamdulillah, di Sumedang aman terus. Hal ini yang kami akan pertahankan dan mempersiapkan secara matang untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi, terutama dari sisi dinamika," ucapnya.

Lihat juga video saat 'Tenda Pilkades Porak-poranda Diterjang Puting Beliung':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)