Waspada! Potensi Hujan Disertai Angin Kencang di Beberapa Daerah Jabar

Siti Fatimah - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 10:56 WIB
Ilustrasi Hujan Deras Angin Kencang Genangan Air
Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi
Bandung -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang, kilat atau petir di 17 daerah di Jabar pada siang hingga malam hari. Masyarakat dihimbau agar waspada mengenai prakiraan tersebut.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang, kilat/petir," tulis BMKG dalam laman resminya seperti dilihat detikcom, Kamis (5/11/2020).

17 Daerah tersebut yaitu, Kota Depok, Kab Bogor, Kota Bogor, Kab Sukabumi, Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kab Purwakarta, Kab Bandung, Kab Bandung Barat, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab Garut, Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Ciamis, Kota Banjar dan Kab Pangandaran.

Pihaknya juga mencatat, pada malam hari prediksi cuaca secara umum, berawan hingga hujan ringan. "Berpotensi hujan sedang di wilayah Kab Tasik dan Kab Pangandaran," ujarnya.

Sementara itu suhu udara di Jawa Barat bagian Utara tercatat diangka 23-33 derajat celcius dan di bagian Selatan lebih rendah yaitu 18-32 derajat selcius. Kemudian untuk kelembaban udara di Jabar bagian Utara 55-95% dan bagian Selatan 60-95% dengan kecepatan angin mencapai 05-35 kilometer perjam.

"Secara umum di wilayah Jawa Barat angin bertiup dari arah Timur Laut hingga Tenggara dengan kecepatan 5-35 km/jam," tulisnya.

(mso/mso)