Pemilik SIM C Dapat Bantuan Rp 900 Ribu, Polisi Sukabumi Pastikan Hoaks

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 19:59 WIB
ilustrasi hoax
Foto: ilustrasi/thinkstock
Sukabumi -

Media sosial diramaikan dengan informasi pemilik SIM C akan mendapat bantuan sebesar Rp 900 ribu. Dalam informasi yang juga beredar di aplikasi perpesanan itu disebut uang bantuan akan dikirim ke setiap pemilik SIM C.

"Saya pastikan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar, mungkin sengaja disebar untuk membuat gaduh. Saya minta masyarakat untuk tidak begitu saja mempercayai informasi yang belum tentu kebenarannya," ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni, Selasa (3/11/2020).

Sumarni menyebutkan beredarnya informasi tersebut dapat menimbulkan keresahan di lingkungan masyarakat yang akan mengganggu situasi kondusif di wilayahnya. "Hal ini dapat menimbulkan keresahan di lingkungan masyarakat yang nantinya akan terdampak kepada kondusifitas wilayah," ujar Sumarni.

"Kami dari polisi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak percaya begitu saja dengan berbagai macam narasi, informasi atau berita yang beredar di media sosial maupun pesan singkat yang belum tentu kebenarannya," ucap Sumarni.

Yogi, warga Kecamatan Citamiang, mengaku menerima pesan tersebut. Ia mengaku sempat senang setelah menerima pesan itu. Bahkan ia sempat berniat untuk memfotokopi SIM C miliknya yang dikatakan sebagai syarat pengambilan uang.

"Sempat senang juga kan lumayan, tapi siang tadi dapat info dari teman katanya kabar tersebut hoaks. Padahal sudah niat banget untuk membuka rekening dan mencairkan bantuan dari SIM," kata Yogi.

(sya/bbn)