Warga Padati CFD di Masa PSBB Kota Serang

Bahtiar Rifa - detikNews
Minggu, 01 Nov 2020 10:27 WIB
Warga memadati CFD meski di tengah PSBB Kota Serang
Warga memadati CFD meski di tengah PSBB Kota Serang (Foto: Bahtiar Rifa'i)
Serang -

Car Free Day (CFD) di Kota Serang kembali digelar pada hari ini, Minggu (1/11/2020). Meski masih dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), warga tetap memadati CFD yang dilakukan di Jalan Veteran dekat Alun-alun Kota Serang.

Pantauan detikcom pukul 08.00 WIB, warga yang ingin masuk ke area CFD akan diperiksa oleh Satpol PP dan petugas kesehatan yang berjaga. Warga baik yang akan berolahraga, pengguna sepeda akan dicek suhu tubuhnya dan diminta menggunakan masker.

Sebelum masuk area juga terdapat pengumuman bahwa warga wajib menggunakan protokol kesehatan. Mereka diminta menjaga jarak satu sama lain.

Area CFD Kota Serang sendiri ramai dikunjungi warga. Selain mereka yang akan berolahraga, sepanjang jalan berjejer pedagang kaki lima baik itu yang menawarkan aneka makanan, mainan anak-anak sampai pedagang pakaian.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkot Serang Ipiyanto mengatakan, CFD dibolehkan kembali digelar pihaknya setelah dua bulan dilarang karena pandemi COVID-19. Pemkot katanya sudah melakukan pencegahan dengan melakukan disinfektan ke area CFD.

Desakan agar CFD kembali digelar juga muncul dari para pelaku usaha kecil. Mereka meminta agar CFD digelar kembali agar bisa kembali berdagang.

"Tuntutan dari pedagang, dari paguyuban tenda merah dan hijau yang hampir dua bulan nggak usaha. Yang menjadikan dasar pertimbangan adalah faktor sosial dan kemanusiaan," ujar Ipiyanto kepada detikcom.

Meski kembali digelar, pihak Pemkot katanya berharap warga tetap aman dari virus. Karena lokasi sudah dibersihkan dengan disinfektan dan ada protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan tidak terjadi hal yang diinginkan," katanya.

Tonton juga 'Survei Indikator: Warga Sebut PSBB Bukan Juru Selamat Atasi Covid19':

[Gambas:Video 20detik]

(bri/mud)