Puncak Arus Balik Libur Panjang di Lembang Terjadi Sabtu Sore-Malam

Wisnu Pradana - detikNews
Sabtu, 31 Okt 2020 11:25 WIB
Pos pengamanan wisata di lembang
Foto: Wisnu Pradana
Bandung Barat -

Pihak kepolisian memperkirakan arus balik wisatawan dari kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, mulai terjadi pada Sabtu (31/10/2020) sore.

Sementara pada pagi hingga siang hari, wisatawan diprediksi masih memadati kawasan wisata Lembang sebelum kembali ke daerahnya masing-masing. Sedikitnya 130 personel kepolisian disiagakan mengatur lalulintas saat arus balik.

"Hari Sabtu sore sampai malam kita prediksi jadi puncak arus balik wisatawan. kalau besok yang wisata mungkin lebih banyak asal Jabar," ungkap Kanitlantas Polsek Lembang AKP Asep Ratman, Sabtu (31/10/2020).

Saat ini arus lalulintas di kawasan wisata Lembang terpantau padat merayap. Penumpukan kendaraan terjadi di pintu masuk objek wisata terutama di depan Farm House dan The Great Asia Africa.

Untuk mengurai kepadatan, pihak kepolisian menyiapkan rencana rekayasa arus lalulintas one way. Namun penerapannya bergantung lada kondisi kepadatan arus lalulintas.

"Kalau terlihat ada kepadatan arus lalulintas di jalur wisata maka akan langsung diterapkan CB one way. Penarikan bisa dari atas ke bawah atau bawah ke atas," terangnya.

Dalam sehari, ada sekitar 2 ribu kendaraan yang masuk ke kawasan wisata Lembang. Kendaraan wisatawan didominasi oleh kendaraan asal Jakarta, Bekasi, dan sekitarnya.

"Angka sehari diperkirakan 2 ribu kendaraan masuk ke Lembang, dominasi pelat Jakarta. Tapi mungkin hari ini akan banyak yang pulang," tandasnya.

(ern/ern)