Jalani Rapid Test, Pengunjung Objek Wisata Lembang Reaktif COVID-19

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 17:25 WIB
Pengunjung ke objek wisata Lembang menjalani rapid test
Ilustrasi (Foto: Whisnu Pradana)
Lembang -

Seorang wisatawan yang berkunjung ke Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) Lembang, dinyatakan reaktif COVID-19 usai menjalani rapid test yang dilakukan pengelola, Jumat (30/10/2020).

Sekretaris Dinas Kesehatan KBB Nanang Ismantoro mengatakan pihaknya melakukan rapid test bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Satpol PP, maupun pengelola wisata. Rapid test dilakukan terhadap sekitar 120 orang, baik pengunjung maupun karyawan di Grafika Cikole.

"Jumlah yang dirapid test ada sekitar 120 orang, jumlah yang reaktif satu orang. Sebagai tindak lanjut, kami melakukan swab test terhadap orang yang reaktif itu. Kami masih menunggu hasil dari swab test," ungkap Nanang.

Sebelumnya rapid test juga dilakukan di tempat wisata Lembang Park & Zoo. Dari 49 orang yang melakukan rapid test tidak ada pengunjung di tempat wisata tersebut yang dinyatakan reaktif COVID-19.

"Untuk di Lembang Park and Zoo non reaktif semua. Besok masih ada jadwal rapid test di Floating Market dan Lereng Anteng. Kami tetap mensosialisasikan 3M," terangnya.

General Manager TWGC, Sapto Wahyudi mengungkapkan, hari ini pihaknya menggelar rapid test secara acak gratis untuk pengunjung atau karyawan objek wisata. Selain itu, petugas sudah disiagakan di sejumlah titik mulai dari pintu masuk hingga berjaga di area wisata.

"Betul ada yang reaktif. Dari total 120 orang yang ikut rapid test, 1 orang reaktif," ungkap Sapto.

Sapto menyebutkan, satu orang yang dinyatakan reaktif itu selanjutnya diarahkan untuk swab test sebagai upaya memastikan yang bersangkutan positif atau negatif COVID-19.

"Untuk identitas wisatawan asal mana, langsung dikantongi oleh Dinkes. Yang bersangkutan langsung dilakukan swab dan hasilnya akan diinfo sesuai KTP," ujar Sapto.

(mud/mud)