Cegah Bencana, Bima Arya Susur Sungai Ciliwung Punguti Sampah

M Solihin - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 15:23 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya menyusuri Sungai Ciliwung.
Foto: Wali Kota Bogor Bima Arya menyusuri Sungai Ciliwung (Istimewa).
Bogor -

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto bersama BPBD Kota Bogor dan relawan menyusuri Sungai Ciliwung yang melintas di Kota Bogor, Kamis (29/10/2020).

Bima menyebut, susur sungai dan sisir sampah Sungai Ciliwung dilakukan untuk antisipasi bencana dan pembelajaran untuk warga Kota Bogor agar tetap menjaga lingkungan dan tidak buang sampah ke sungai. Ia berharap, warga bisa memanfaatkan musim liburan di masa pandemi ini dengan kegiatan positif.

"Target kita adalah menyampaikan kepada warga Kota Bogor, Depok, Jakarta dan sekitarnya, liburan kali ini kita isi dengan kembali ke alam, bebersih sampah, bersihin sungai, bersihin lingkungan, ini pesan yang harus disampaikan," kata Bima, Kamis (29/10/2020).

Bima Arya bersama BPBD Kota Bogor dan komunitas Ciliwung mulai menyusuri Sungai Ciliwung menggunakan perahu karet sekitar pukul 10.30 WIB.

Didampingi tim, Bima dan rombongan menyusuri sungai yang penuh bebatuan. Menarik dan menyenangkan sepertinya melakukan ini. Namun misi dari kegiatan ini adalah menyisir sampah-sampah di Sungai Ciliwung yang jadi salah satu penyebab aliran tersumbat dan banjir.

Di beberapa titik, rombongan berhenti untuk membersihkan sampah yang berserakan di bibir sungai dan tersangkut di akar pohon. Kebanyakan sampah yang ditemukan merupakan sampah styrofoam yang merupakan jenis sampah yang tidak terurai.

"Ini paling banyak nih (sampah) styrofoam. Ini salah satu sampah yang tidak terurai," kata Bima sambil menunjukkan sampah styrofoam yang ditemukan di sisi Sungai Ciliwung.

Namun demikian, kata Bima, titik-titik penumpukan sampah mulai berkurang karena peran serta warga dan satgas Ciliwung yang setiap hari bertugas memantau kondisi kebersihan Sungai Ciliwung.

"Ini ekspedisi edisi khusus di akhir minggu, kita susur di beberapa titik sampah. Kita antisipasi ya diakhir minggu ini cuaca tidak menentu, mengurangi resiko banjir. Saya perintahkan titik-titik yang rawan penumpukan sampah dibersihkan, oleh warga, oleh satgas ciliwung, untuk mengurangi resiko banjir. Tetapi selama perjalanan tadi saya lihat banyak titik sampah yang berkurang," kata Bima usai susur ciliwung.

"kemudian tadi ada juga limbah pengolahan pabrik tahu, saya lihat ada 5 titik tadi ya, saya minta Satpol PP juga menertibkan itu," tambahnya.

Sebelumnya, Bima Arya juga memimpin apel siaga bencana di Lapangan Sempur, Kota Bogor yang dihadiri seluruh unsur penanganan bencana Kota Bogor. Apel dilakukan sebagai upaya antisipasi bencana di Kota Bogor dan dampak libur panjang di masa pandemi.

"Bapak presiden telah menyampaikan arahanya begitu juga Bapak Menko, Pak Gubernur bahwa seluruh jajaran harus siaga untuk mengantisipasi liburan panjang," kata Bima di Lapangan Sempur, Kamis (29/10/2020) pagi.

Bima juga meminta agar aparatur wilayah dan warga Kota Bogor serta petugas untuk siaga bencana dan melakukan antisiapasi bencana longsor serta banjir dengan memastikan berfungsinya saluran air dan pembersihan PKL yang bisa menyebabkan longsor.

(mso/mso)